Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Instruksikan Jajaran Segera Ambil Tindakan Cepat Selamatkan Korban Erupsi Semeru

Kompas.tv - 5 Desember 2021, 17:30 WIB
jokowi-instruksikan-jajaran-segera-ambil-tindakan-cepat-selamatkan-korban-erupsi-semeru
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh jajarannya segera mengambil tindakan cepat tangani korban erupsi Gunung Semeru. (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan kepada seluruh jajarannya melakukan percepatan dalam menangani dampak erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur. 

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, instruksi itu telah disampaikan Jokowi kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas), Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Rerumahan Rakyat (PUPR), Panglima TNI, Kapolri, serta Gubernur dan Bupati.

"Presiden telah memerintahkan untuk segera melakukan tindakan secepat mungkin, melakukan langkah-langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban, memberikan perawatan kepada korban yang luka-luka, dan melakukan penanganan dampak bencana,” kata Pratikno dalam keterangan pers, Minggu (5/12/2021). 

Tak hanya itu, Presiden juga meminta anak buahnya untuk segera memberikan bantuan pelayanan kesehatan, penyediaan logistik kebutuhan dasar pengungsi, serta perbaikan infrastruktur dapat diselesaikan dalam waktu yang sangat singkat.

Pemerintah, lanjut dia, mengimbau kepada masyarakat untuk mengikuti arahan petugas di lapangan dan selalu meningkatkan kewaspadaan. 

"Terlebih kita Indonesia memang berada di wilayah cincin api atau ring of fire yang rawan terhadap aktivitas alam seperti erupsi gunung berapi semacam ini," tegasnya. 

Pratikno menuturkan para kepala daerah dan pejabat pemerintah diharapkan selalu waspada dan mengajak masyarakat untuk selalu siaga dan waspada, saling bekerja sama guna mengantisipasi setiap potensi bencana tersebut.

Baca Juga: Erupsi Terjadi Lebih Cepat, Aktivitas Seismik Gunung Semeru pada November 2021 Relatif Rendah

Pemerintah juga menyampaikan duka yang sangat mendalam atas korban yang meninggal dan luka-luka dalam peristiwa itu.

"Atas nama Presiden, Wakil Presiden, pemerintah, dan seluruh rakyat Indonesia, Mensesneg Pratikno juga menyampaikan duka yang sangat mendalam atas korban yang meninggal dan korban luka-luka," ujarnya. 

Dalam kesempatan itu, Pratikno juga menyampaikan bahwa Presiden Jokwi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin terus memonitor situasi terkait musibah erupsi Gunung Semeru dari waktu ke waktu.

“Semoga Tuhan Yang Mahakuasa, Allah Swt. selalu memberikan pertolongan dan perlindungan kepada para korban dan juga kepada kita semuanya, serta memudahkan kita dalam menghadapi setiap tantangan,” tandasnya.n kita dalam menghadapi setiap tantangan,” tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gunung Semeru mengalami erupsi pada Sabtu (4/12), kemarin sekitar pukul 15.30 WIB.

Sejauh ini tercatat 13 orang meninggal dunia dalam kejadian tersebut, dengan dua di antaranya sudah teridentifikasi.

Selain korban jiwa, ada pula korban luka yang diakibatkan erupsi tersebut. Kemudian, erupsi juga mengakibatkan sejumlah kerusakan materi.

Baca Juga: Bantu Penanganan Erupsi Gunung Semeru, PMI Kirim Bantuan dan Relawan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.