Kompas TV nasional agama

Duka Mendalam Muhammadiyah untuk Korban Erupsi Gunung Semeru, Doakan Syahid hingga Kirim Relawan

Kompas.tv - 5 Desember 2021, 16:30 WIB
duka-mendalam-muhammadiyah-untuk-korban-erupsi-gunung-semeru-doakan-syahid-hingga-kirim-relawan
Kondisi terkini Kampung Renteng, di Desa Sumberwuluh, Candipuro, yang terdampak letusan Gunung Semeru, Minggu (5/12/2021) pagi. PP Muhammadiyah mendoakan para korban erupsi Gunung Semeru, dan mengirimkan relawan ke lokasi bencana. (Sumber: Dok. video Baznas)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan duka mendalam untuk korban dan warga terdampak letusan Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

Tak lupa, Muhammadiyah pun mendoakan mereka yang meninggal dunia, serta mengirimkan relawan ke tempat terjadinya bencana.

"Semoga yang meninggal ditempatkan sebagai syahid dan diterima di sisi Allah. Sementara korban luka atau lainnya dapat tertangani dengan baik. Kepada para pengungsi agar sabar dan memperoleh pelayanan yang baik," kata Haedar Nashir melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Sabtu (4/12/2021) malam, sebagaimana dikutip KOMPAS TV dari Antara.

Haedar juga berpesan agar seluruh komponen bangsa semakin memperkuat solidaritas dan saling membantu. Ia juga meminta kepada semua bangsa Indonesia, khususnya para elite negeri ini untuk menunjukkan empati.

"Semoga bangsa Indonesia dilindungi Allah dalam menjalani kehidupan yang tidak ringan saat ini, sehingga dapat mengatasi pandemi, musibah, dan masalah yang dihadapi," tutur Haedar.

Baca Juga: Sejarawan Berkumpul Bahas Penulisan Sejarah Gerakan Muhammadiyah, Ini 10 Rekomedasinya

Relawan Muhammadiyah MDMC Terjun ke Semeru

Haedar juga berpesan kepada segenap komponen Muhammadiyah khususnya Lembaga Penanggulangan Bencana atau Muhamadiyah Disaster Management Centre (MDMC) untuk terjun langsung.

Hal ini untuk meringankan beban masyarakat yang terkena dampak erupsi Gunung Semeru.

"Kami berharap pemerintah pusat, provinsi, dan daerah setempat dengan sigap dapat melakukan langkah-langkah mitigasi yang seksama. Kepada semua warga di Lumajang dan sekitar Semeru agar tetap waspada dan saling menggalang kebersamaan," ujar Haedar.

Terkait hal itu, Ketua MDMC PP Muhammadiyah Budi Setiawan melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Sabtu, mengatakan pihaknya langsung memberikan instruksi kepada Divisi Tanggap Darurat Rehabillitasi dan Rekonstruksi (TDRR) MDMC untuk melakukan koordinasi respons tanggap darurat.

"Saya sudah menghubungi saudara Anggit, Ketua MDMC Lumajang, untuk segera membentuk poskor di PDM Lumajang. Demikian juga saya sudah menghubungi Ketua MDMC Jawa Timur," ujar Budi.

Baca Juga: Muhammadiyah Ingatkan, Jangan Cari Kambing Hitam soal Pandemi Covid-19 di Indonesia

Ia juga mengaku, telah menginstruksikan para relawan MDMC di Jawa Timur segera melaksanakan tindakan kesiapsiagaan di bawah koordinasi Ketua MDMC Jawa Timur Rofii.

MDMC Kabupaten Lumajang langsung menetapkan poskor relawan Muhammadiyah untuk tanggap darurat letusan Gunung Semeru di Kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Lumajang, Jalan Imam Sujai Nomor 17, Jogotrunan.

Wakil Ketua MDMC PP Muhammadiyah Arif Jamali menuturkan para personel MDMC Kabupaten Lumajang telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat dan menerjukan personel ke kawasan terdampak untuk melaksanakan pendampingan tekait situasi di lapangan.

"Sementara MDMC Jawa Timur mengonsolidasi semua sumber daya terdekat yang bisa dikerahkan untuk melaksanakan respons tanggap darurat," kata Arif.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x