Kompas TV regional peristiwa

Desa Sumberwuluh Jadi Tempat Pengungsian bagi Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Kompas.tv - 5 Desember 2021, 13:58 WIB
Penulis : Edwin Zhan

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Berdasarkan data yang diterima oleh Kompas TV dari Komandan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Tanggap Bencana Kabupaten Lumajang, Darwan Darussalam, Desa Sumberwuluh kini menjadi tempat pengungsian darurat bagi 80 orang laki-laki, 75 perempuan, 35 warga lanjut usia (lansia), dan 30 anak-anak.

Ia juga mengatakan bahwa sampai saat ini, BAZNAS Tanggap Bencana bekerja sama dengan perangkat desa dan sukarelawan untuk melakukan kesiapsiagaan.

Beberapa upaya yang dilakukan adalah patroli ke sekitar wilayah permukiman, memberikan perwakilan bantuan di setiap posko, serta mendistribusikan bantuan dari pusat penyimpanan ke setiap titik.

Darwan menyebut, terdapat 10.724 jiwa yang menetap di Desa Sumberwuluh.

Ribuan orang ini tersebar di 10 dusun; karenanya, bantuan dan koordinasi perlu dilakukan secara berkala dan terintegrasi.

Baca Juga: Juru Bicara Kemenhub: Waspada terhadap Dampak Abu Letusan Gunung Semeru!

_____

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live.

Agar tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia. Yuk, subscribe channel YouTube Kompas TV!

Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru dari Kompas TV. Sahabat Kompas TV juga bisa memperoleh informasi terkini melalui website: www.kompas.tv.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x