Kompas TV olahraga kompas sport

Paguyuban Suporter Timnas: Kasus Dokter Gadungan Elwizan Aminudin adalah Skandal Sepak Bola Nasional

Kompas.tv - 5 Desember 2021, 13:49 WIB
paguyuban-suporter-timnas-kasus-dokter-gadungan-elwizan-aminudin-adalah-skandal-sepak-bola-nasional
Ignatius Indro, ketua Paguyuban Suporter Timnas Indonesia menilai Kasus Elwizan Aminudin adalah skandal dalam sepak bola nasional (Sumber: Dok. Paguyuban Suporter Timnas)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Paguyuban Suporter Timnas Indonesia Ignatius Indro, menilai terbongkarnya identitas Elwizan Aminudin sebagai dokter gadungan adalah kasus yang memalukan. Bahkan, ia menyebut kasus Elwizan yang berhasil menipu sejumlah klub elit Tanah Air sebagai kasus skandal sepak bola Nasional.

Alasannya, sudah puluhan tahun Elwizan malang melintang di sepak bola Nasional dengan aman, padahal statusnya sebagai dokter adalah palsu.

Padahal, kata Indro, status sebagai dokter tim sangat krusial bagi tim sepak bola. Apalagi, kata dia, Elwizan di posisi yang krusial bagi sebuah tim dan memiliki efek jangka panjang. 

“Saya pikir hal ini sangat memalukan ketika Elwizan Aminudin bisa menipu klub dan timnas usai muda. Ini menunjukkan klub kita perbaiki manajemen sepakbolanya agar bisa menemukan orang yang tepat. Kasus Elwizan adalah skandal dalam sepakbola nasional,” papar Ignatius Indro kepada KOMPAS.TV via pesan suara, Minggu (5/12).  

Indro juga menyampaikan, curhatan kiper Persebaya Surabaya sekaligus Timnas Ernando Ari bisa jadi pembelajaran, bagaimana pentingnya dokter dalam tim.

Baca Juga: Kronologi Elwizan Aminudin Dokter Gadungan: Puluhan Tahun Pakai Ijazah Palsu, Menipu Klub dan Timnas

Elwizan Aminudin adalah Borok Sepak Bola Nasional

Ignatius Indro juga menjelaskan, kasus Elwizan Aminudin sebagai borok dalam sepak bola Nasional. Sebuah penyakit yang diam-diam tertutupi tapi ketika terbuka, segalanya jadi jelas tentang penyakit dalam sepak bola Nasional. 

“Kasus in borok sepak bola Nasional. Ini saatnya kasus menjadi trigger untuk memperbaiki sepak bola Indonesia,”

Indro juga menjelaskan, kasus ini bisa membuka kotak pandora yang selama ini diam-diam menyelinap dalam sepak bola Nasional. Khususnya, terkait manajemen.

Kasus ini juga berpotensi nanti akan jadi sorotan internasional terkait tata kelola sepak bola Nasional yang menurut Indro masih banyak masalah.

“Kasus Elwizan mencoreng mencoreng nama Indonesia. Bisa jadi pertanyaan banyak pihak, termasuk sorotan dari luar negeri terkait manajemen klub dan PSSI,” tandasnya.

Operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) seperti diberitakan KOMPAS.TV sebelumya, sudah mengonfirmasi terkait dugaan ijazah palsu yang dipakai Elwizan.

Elwizan saat ini secara resmi sudah dilaporkan pihak PSS Sleman, klub terakhir yang ia bela, kepada kepolisian. 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x