Kompas TV regional peristiwa

Sempat Hilang di Gunung Merbabu, Pendaki Asal Ukraina Berhasil Ditemukan

Kompas.tv - 5 Desember 2021, 12:40 WIB
sempat-hilang-di-gunung-merbabu-pendaki-asal-ukraina-berhasil-ditemukan
Ilustrasi. Gunung Merbabu dilihat dari Gunung Telomoyo, Kabupaten Semarang. Pendaki asal Ukraina yang sempat hilang di Gunung Merbabu akhirnya berhasil ditemukan dalam keadaan selamat, Minggu (5/12/2021). (Sumber: Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

BOYOLALI, KOMPAS.TV - Pendaki asal Ukraina yang sempat hilang di Gunung Merbabu akhirnya berhasil ditemukan dalam keadaan selamat, Minggu (5/12/2021).

Proses pencarian pendaki bernama Nikolay itu telah dilakukan oleh Tim SAR melalui jalur Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, sejak Sabtu (4/12/2021) malam.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) Junita Parjanti mengatakan, kronologi hilangnya warga negara Ukraina yang mendaki Gunung Merbabu itu berawal dari insiden terpeleset saat hendak kembali turun ke basecamp.

"Di HM 25 ada kejadian pendaki umur 60 tahun (Nikolay) terpeleset. Tapi masih berusaha untuk turun," kata Junita dikutip dari Kompas.com, Minggu.

Baca Juga: Dipicu Sesar Merapi-Merbabu, Gempa Salatiga dan Sekitarnya Telah Terjadi Sebanyak 32 Kali

"Karena jalannya pelan-pelan, (dua pendaki) yang lain mendahului dan (Nikolay) ditinggal. Sampai di HM 22, ditunggu 40 menit tidak datang-datang. Keduanya kembali mencari orang itu sudah tidak ada," lanjutnya.

Alhasil, kedua pendaki tersebut turun ke basecamp pandakian di Selo untuk meminta pertolongan. Mereka sampai di basecamp sekitar pukul 17.00 WIB.

Mendengar kabar tersebut, Junita menuturkan, pihaknya langsung membuat laporan ke Polsek Selo dan meminta bantuan kepada relawan dari Tim SAR untuk mencari pendaki yang hilang itu.

"Kemudian (Sabtu) pukul 20.00 WIB kami mengirim dua kru SAR relawan naik sampai (Minggu) pukul 10.00 WIB. Tapi tidak ketemu di lokasi awal," ungkap Junita.

"Kemudian, (Tim SAR) menyisir ke blok Tulangan dan di situ kami membuat sekat bakar. Dia (Nikolay) ditemukan dalam kondisi kedinginan di belakang semak-semak dalam keadaan selamat," sambungnya.

Baca Juga: Jalur Pendakian Gunung Merbabu Via Thekelan Kembali Dibuka 5 Oktober, Maksimal 98 Orang

Para pendaki asal Ukraina itu ternyata mendaki tanpa izin



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.