Kompas TV nasional peristiwa

902 Warga Mengungsi Akibat Erupsi Semeru, Ini Daftar Titik Lokasinya

Kompas.tv - 5 Desember 2021, 11:00 WIB
902-warga-mengungsi-akibat-erupsi-semeru-ini-daftar-titik-lokasinya
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 902 warga mengungsi akibat erupsi Gunung Semeru. (Sumber: BPBD Lumajang/BNPB)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 902 warga mengungsi akibat erupsi Gunung Semeru.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, menjelaskan, sebaran awas panas guguran berdampak pada dua kecamatan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Lokasi tersebut antara lain Kecamatan Pronojiwo pada Desa Pronojiwo, Oro-oro Ombo, Sumberurip, serta Dusun Curah Kobokan di Desa Supiturang serta Kecamatan Candipuro pada Dusun Kamarkajang di Desa Sumberwuluh dan Desa Sumbermujur.

“Selain itu terdapat delapan kecamatan dan beberapa desa yang terdampak abu vulkanik, meliputi Kecamatan Ampelgading pada Desa Argoyuwono,” jelasnya melalui keterangan tertulis, Minggu (5/12/2021).

Baca Juga: Setelah Erupsi Semeru, Pakar: Warga Jangan Kaget Jika Ada Letusan di Sungai, Waspadai Banjir Lahar

Selanjutnya Kecamatan Tirtoyudo pada Desa Purwodadi dan Desa Gadungsari, Kecamatan Pagelaran pada Desam Clumprit, Kecamatan Wajak pada Desa Bambang, Kecamatan Kepanjen pada Desa Panggungrejo dan Mojosari, Kecamatan Dampit pada Kelurahan Dampit, Kecamatan Bantur pada Desa Bantur dan Rejosari, Kecamatan Turen pada Desa Talok.

“BPBD Kabupaten Lumajang juga melaporkan terdapat 902 warga mengungsi yang tersebar di beberapa titik kecamatan,” lanjutnya.

Berkut rinciannya:

305 orang mengungsi di beberapa fasilitasi pendidikan dan balai desa di Kecamatan Pronojiwo

- SDN Supiturang 04 ± 80 orang

- Masjid Baitul Jadid Dsn. Supiturang ± 50 orang

- SDN Oro-Oro Ombo 3, ± 20 orang

- SDN Oro-Oro Ombo 2, ± 35 orang

- Masjid Pemukiman Dusun Kampung Renteng Desa Oro-oro Ombo ± 20 orang

- Balai Desa Oro-Oro Ombo ± 40 orang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x