Kompas TV religi beranda islami

Doa Ajaran Rasulullah saat Gunung Meletus, agar Terhindar dari Marabahaya

Minggu, 5 Desember 2021 | 09:30 WIB
doa-ajaran-rasulullah-saat-gunung-meletus-agar-terhindar-dari-marabahaya
Guguran awan panas Gunung Semeru dilaporkan masih terus terjadi hingga pagi hari ini, Minggu (5/12/2021). Doa di bawah ini merupakan doa ajaran Rasulullah saat terjadi gunung meletus (Sumber: Tangkapan layar)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam Islam, ketika terjadi gunung meletus maka sebaiknya membaca doa.

Terkini, Gunung Semeru yang berada di Lumajang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur mengalami erupsi pada Sabtu petang (4/12/2021) kemarin.

Doa ini bermakna semoga Allah SWT memberikan keselamatan, seraya mendoakan bagi mereka yang tertimpa musibah bencana alam berupa gunung Meletus itu. 

Doa ini merupakan doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk menghindari bencana, termasuk bencana alam yang berupa gunung Meletus.

Doa terhindar dari marabahaya ini terdapat dalam kitab Adzkar Imam Nawawi. Imam Nawawi memasukkannya dalam bab khusus ‘doa-doa penting yang bisa dibaca kapan saja’.

Jadi dalam konteks gunung meletus ini, doa ini sebagai ikhtiar agar kita semua selamat dari marabahaya yang timbul akibat bencana.

Baca Juga: Doa yang Diajarkan Rasulullah saat Dilanda Amarah, Biar Tidak Terjerumus Hal Negatif

Doa saat gunung Meletus

Doa terlindung dari bahaya gunung meletus (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Teks Latin Allahumma inni a‘udzubika minal hadmi wa a‘udzubika minat taraddi wa a’udzubika minal gharaqi wal haraqi wal harami wa a‘udzubika an yatakhabbathanisy syaithanu ‘indal maut wa ‘audzubika an amuta fi sabilika mudbiran wa a‘udzubika an amuta ladighan

Artily: “Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari reruntuhan (longsor), dan aku berlindung pada-Mu dari tergelincir, dan aku berlindung pada-Mu dari tenggelam (banjir), terbakar, dan tak berdaya. Dan aku berlindung pada-Mu apabila syetan menjerumuskan padaku ketika akan mati, dan aku berlindung pada-Mu apabila mati dalam keadaan berbalik arah dari jalan-Mu (murtad), dan aku berlindung pada-Mu apabila mati karena disengat. (HR Abu Daud)

Semoga mereka yang tertimpa musibah bencana ditabahkan, dan kita semua mendapatkan keselamatan dari marabahaya bencana alam seperti gunung Meletus. Amin.

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:17
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19