Kompas TV nasional peristiwa

Top 3 News 4 Desember 2021: Gunung Semeru Erupsi, Jembatan Gladak Perak Ambruk, Banjir Rob Jakarta

Kompas.tv - 4 Desember 2021, 23:00 WIB
Penulis : Akbar Prabowo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut adalah 3 berita terpopuler Kompas TV edisi Sabtu, 4 Desember 2021:

Gunung api Semeru di Lumajang, Jawa Timur, erupsi. Warga yang berada di kaki Gunung Semeru panik dan langsung menyelamatkan diri ke tempat yang aman. Menurut keterangan warga, awan panas terlihat sekitar pukul tiga sore dari atas gunung. Sebelum mengeluarkan awan panas, warga menyebut gunung semeru mengeluarkan lahar dingin hingga menyebabkan banjir. Warga yang tinggal dengan jarak yang dekat langsung mengevakuasi diri ke tempat yang lebih aman.

Baca Juga: Gunung Semeru Erupsi, Warga Sekitar Menyelamatkan Diri

Erupsi Gunung Semeru menyebabkan kerusakan fatal pada fasilitas umum, salah satunya adalah jembatan penghubung Lumajang dan Malang terputus. Jembatan Gladak Perak di Dusun Sumber Puring, ambruk diterjang banjir lahar dari Gunung Semeru. Jembatan penghubung Kecamatan Pasirian, Lumajang dengan Kecamatan Dampit, Malang itu tidak bisa dilewati.

Baca Juga: Dampak Erupsi Gunung Semeru: 3 Warga Hilang, Jembatan Lintas Malang-Lumajang Putus

Banjir rob merendam sebagian besar ruas Jalan Lodan Raya, Penjaringan, Jakarta Utara. Akses jalan dari arah Ancol menuju Sunda Kelapa terputus. Banjir rob dengan ketinggian 50 centimeter merendam ruas jalan sepanjang satu kilometer. Ruas jalan hanya bisa dilalui kendaraan besar, sseperti truk berukuran besar.

Video editor: Laurensius Krisna Galih



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.