Kompas TV regional berita daerah

Jelang Natal dan Tahun Baru, Operasi Yustisi Protokol Kesehatan Digalakkan

Kompas.tv - 4 Desember 2021, 22:36 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JAWA TIMUR, KOMPAS.TV - Jelang natal dan tahun baru, Satgas Covid-19 di sejumlah daerah di Jawa Timur menggalakkan operasi yustisi. Pengendara yang kedapatan melanggar protokol kesehatan langsung diswab, divaksin dan diberi sanksi.

Ratusan pengendara roda dua dan roda empat terjaring razia operasi yustisi di Kabupaten Sumenep, pada Rabu (1/12/2021) langsung dites swab antigen dan disuntik vaksin Covid-19 di tempat. Bagi pengendara yang positif Covid-19 langsung didata dan diminta untuk kembali ke rumah untuk isolasi mandiri.

Dandim 0827 Sumenep, Letkol Inf Nur Cholis mengatakan bahwa operasi yustisi kembali digalakkan untuk mengantisipasi tingginya mobilitas warga pada masa natal dan tahun baru. Operasi yustisi menyasar pengendara yang mengabaikan protokol kesehatan, seperti tidak memakai masker saat berkendara.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Operasi Yustisi Protokol Kesehatan di Jatim Gencar Dilakukan

Operasi yustisi juga dilakukan oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Jember di Jalan Panglima Sudirman, Kecamatan Patrang, pada Senin sore (29/11/2021).

Dandim O824 Jember, Letkol La Ode Muhammad Noerdin mengatakan bahwa pengendara yang kedapatan tidak memakai masker langsung diberhentikan dan diberi sanksi, berupa menyanyikan lagu kebangsaan, push up dan membuat pernyataan akan mematuhi protokol kesehatan. Petugas selanjutnya memberi mereka masker untuk langsung dipakai.

Satgas Covid-19 Kota Malang juga memperketat mobilitas warga menjelang natal dan tahun baru. Satgas akan melakukan swab secara acak kepada pengendara yang melintas di Kota Malang, terutama kawasan wisata.

Wali Kota Malang, Sutiaji, mengatakan bahwa swab secara acak dilakukan, karena selama sepekan terakhir, okupansi seluruh hotel di Kota Malang penuh. Pemerintah pun mengambil langkah antisipasi, lonjakan wisatawan pada natal dan tahun baru dengan memperkuat testing, tracing dan treatment.

Baca Juga: Polisi Sosialisasi Protokol Kesehatan saat Operasi Zebra

Warga diminta untuk tidak kemana-mana dan di rumah saja pada natal dan tahun baru. Hal itu perlu dilakukan untuk mencegah gelombang ketiga penularan Covid-19.

 

#natal #tahunbaru #protokolkesehatan #operasiyustisi #vaksin #swab



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x