Kompas TV regional peristiwa

Gunung Semeru Meletus, Khofifah: Malam Ini Saya ke Lokasi, Mohon Ikhtiar dan Doa Mugi Selamet Sedoyo

Kompas.tv - 4 Desember 2021, 21:54 WIB
gunung-semeru-meletus-khofifah-malam-ini-saya-ke-lokasi-mohon-ikhtiar-dan-doa-mugi-selamet-sedoyo
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Sumber: KOMPAS.COM/A. FAIZAL)
Penulis : Fadhilah | Editor : Hariyanto Kurniawan

SURABAYA, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa merespons bencana erupsi Gunung Semeru pada Sabtu (4/12/2021). Dia memastikan akan bertolak ke Kabupaten Lumajang malam ini.

Kunjungannya ke Lumajang itu dilakukan Khofifah terkait terjadinya erupsi di Gunung Semeru yang mencapai puncaknya hari ini. 

Khofifah mengatakan, pihaknya telah mendapatkan konfirmasi terkait kondisi di sekitar Kabupaten Lumajang akibat terjadinya erupsi Gunung Semeru.

Baca Juga: 5 Fakta Erupsi Gunung Semeru, Awan Panas Meluas, Gelap Gulita, hingga Warga Berlarian Mengungsi

Bahkan ia juga mendapatkan laporan video dari Bupati Lumajang bagaimana kondisi paniknya warga yang berusaha mengevakuasi diri agar tidak terkena dampak erupsi Gunung Semeru. 

Video itu telah juga ia upload dalam akun instagram pribadinya yang kini telah ditonton oleh puluhan ribu orang.

Video itu tepatnya memperlihatkan seseorang yang merekam kepulan awan panas yang tinggi menjulang dan warga masyarakat yang tengah berusaha menyelamatkan diri. 

Video unggahan Khofifah itu telah menuai lebih dari 1.200 komentar warganet. Semua komentar yang menonton video tersebut mendoakan agar warga di kawasan Gunung Semeru selamat dan berhasil dievakuasi. 

"Video itu saya terima dari Bupati Lumajang, BPBD dan masyarakat sekitar. Saat ini sedang terjadi peningkatan aktivitas gunung Semeru. Mohon masyarakat terdekat dapat mengevakuasi agar aman selamat," kata Khofifah, dikutip dari Tribunnews.com.

Bantuan Evakuasi 

Tidak hanya itu, Khofifah juga menegaskan bahwa pihak Pemprov Jatim tengah bergerak untuk melakukan back up dan memberikan pertolongan untuk bantuan evakuasi.



Sumber : Kompas TV/Tribunnews.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.