Kompas TV regional peristiwa

Bupati Lumajang Beri Pengumuman: Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru Butuh Bantuan

Kompas.tv - 4 Desember 2021, 21:23 WIB
bupati-lumajang-beri-pengumuman-warga-terdampak-erupsi-gunung-semeru-butuh-bantuan
Erupsi Gunung Semeru dari Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (4/12/2021). (Sumber: ANTARA/HO-warga Desa Oro-oro Ombo)

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Bupati Lumajang Thoriqul Haq memberikan pengumuman di akun Facebook miliknya. Pengumuman ini terkait dampak erupsi Gunung Semeru yang melanda daerahnya.

Dalam akun Facebook pribadinya, Cak Thoriq, Bupati Lumajang mengumumkan kepada warga yang tidak terdampak erupsi untuk mengumpulkan bantuan.

"Masyarakat Lumajang, kita perlu bersama. Saudara kita yang terdampak erupsi Semeru perlu bantuan kita," tulis Thoriqul Haq di postingan Facebook pribadinya yang diberi judul 'Titik Kumpul Bantuan di Pendopo', Sabtu (4/12/2021).

Dalam postingan tersebut, Thoriqul menyebutkan jenis bantuan yang bisa diterima. Seperti nasi bungkus, pakaian layak pakai, makanan bayi, dan kebutuhan darurat lainnya.

Bantuan akan dikumpulkan di Pendopo Arya Wiraraja, Kantor Bupati Lumajang.

Baca Juga: 5 Fakta Erupsi Gunung Semeru, Awan Panas Meluas, Gelap Gulita, hingga Warga Berlarian Mengungsi

Menurut Thoriqul, malam ini juga, bantuan dari warga akan disalurkan kepada warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

"Untuk segera malam ini kita distribusikan ke lokasi bencana," tutupnya.

Gunung Semeru Erupsi

Sebelumnya Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengaku telah memantau perkembangan aktivitas Gunung Semeru sejak Jumat (3/12/2021).

Menurutnya, sejak Jumat malam hingga Sabtu dini hari, Gunung Semeru mengalami beberapa letusan lava pijar.

Aktivitas Gunung Semeru membuat pihaknya bersiap untuk melakukan keadaan kedaruratan.

"Kalau Semeru ini kan gunung aktif yang setiap waktu terjadi erupsi-erupsi kecil. Nah, tetapi tadi malam hingga sore tadi, erupsi kecilnya sering terjadi. Hingga tadi kita lakukan pemantauan pagi tadi, aman-aman saja," ujar Thoriqul kepada KompasTV, Sabtu.

Baca Juga: Update Erupsi Gunung Semeru: Lumajang Mati Listrik, 1 Orang Meninggal dan 10 Luka-Luka

Namun, lanjut Thoriqul, begitu terjadi hujan pada Sabtu siang hingga sore, secara tiba-tiba Gunung Semeru erupsi hingga memuntahkan awan panas.

"Siang hingga sore hari ini, betul-betul terjadi awan yang sampai menutupi di dua kecamatan, Kecamatan Pronojiwo dan Kecamantan Candipuro," jelas Thoriqul.

"Hingga hari ini semakin meluas. Saya ingin memastikan dulu keadaan ini betul-betul pada posisi yang kita bisa memetakan keadaan bencana ini," sambungnya.

Saat ini, Thoriqul mengaku tengah menyiapkan kebutuhan sebagai upaya penanggulangan bencana Gunung Semeru, mulai persiapan posko hingga evakuasi.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.