Kompas TV video sinau

Ternyata, Hiu Takut dengan Lumba-Lumba, Kok Bisa?

Kompas.tv - 4 Desember 2021, 20:28 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Ikan hiu memiliki kesan yang menyeramkan, dengan penampakan giginya yang tajam. Dengan wujud seperti itu ia nampak seperti seekor predator yang ulung, ikan hiu meski terlihat mengerikan dan ganas, ternyata hiu takut dengan lumba-lumba.

Padahal, di kebanyakan film, hiu digambarkan sebagai mahluk predator, yang siap menyantap apa saja, dengan beringas. Lalu, kenapa di kehidupan nyata,  ikan hiu takut dengan lumba-lumba?

Melansir dari berbagai sumber, hiu dan lumba-lumba tidak pernah mendiami wilayah yang sama. Bahkan, ikan hiu menghindar jika bertemu dengan lumba-lumba.

Mengapa demikian? berikut alasannya, yang sudah  dirangkum dari berbagai sumber:

1.Memiliki Kawanan

Lumba-lumba, tiap ada anggota kelompok dalam bahaya dari hiu, anggota kelompok lainnya dengan cepat membantu teman mereka.

2.Tubuhnya Lembut

Ditambah lagi, lumba-lumba memiliki sendi dan rangka yang baik, sehingga, lebih lincah dalam bermanuver.

3.Moncongnya Kokoh

Walaupun tumpul, moncong lumba-lumba terdiri dari tulang yang kuat. Lumba-lumba akan memosisikan diri beberapa meter di bawah hiu, lalu menusukan moncongnya, ke perut hiu.

4. Rupanya, si Orca

Lumba-lumba yang dimaksud adalah jenis orca. dikenal sebagai pemangsa puncak di lautan.  Orca sering berburu hiu putih besar saat persediaan makanan langka. 

Baca Juga: Serba-serbi Paus Orca, Mengapa Disebut Paus Pembunuh?

https://www.kompas.tv/article/166496/serba-serbi-paus-orca-mengapa-disebut-paus-pembunuh 

Grafis: Agus Eko Apriyanto



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.