Kompas TV nasional peristiwa

Gunung Semeru Erupsi Berstatus Waspada, BNPB Imbau Masyarakat Lakukan Hal Ini

Kompas.tv - 4 Desember 2021, 20:27 WIB
gunung-semeru-erupsi-berstatus-waspada-bnpb-imbau-masyarakat-lakukan-hal-ini
Erupsi Gunung Semeru, Sabtu (4/12/2021). Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut, saat ini Gunung Semeru berada pada status level 2 atau waspada setelah peristiwa erupsi pada Sabtu (4/12/2021) sore. (Sumber: tangkapan layar video media sosial)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS. TV – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut, saat ini Gunung Semeru berada pada status level 2 atau waspada setelah peristiwa erupsi pada Sabtu (4/12/2021) sore.

Dengan status tersebut, BNPB merekomendasikan agar masyarakat di sekitar Gunung Semeru selalu waspada serta menjalankan sejumlah imbauan.

Masyarakat, pengunjung atau wisatawan diimbau untuk tidak beraktivitas dalam radius 1 kilometer (km) dari kawah atau puncak Gunung Semeru dan jarak 5 km arah bukaan kawah di sektor tenggara -  selatan.

Baca Juga: BNPB: Antisipasi Bencana Semeru Lebih Siap karena Erupsi Pernah Terjadi Januari Lalu

Masyarakat juga diingatkan untuk selalu mewaspadai guguran awan panas, guguran lava dan lahar di sepanjang aliran sungai atau lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru.

“Radius dan jarak rekomendasi ini akan dievaluasi terus untuk antisipasi jika terjadi gejala perubahan ancaman bahaya,” kata Plt Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Abdul Muhari.

BNPB juga menyarankan masyarakat menjauhi atau tidak beraktivitas di area terdampak material awan.

“Sebab saat ini suhunya masih tinggi” tukas Abdul.

Baca Juga: Detik-Detik Menegangkan Gunung Semeru Meletus, Suara Gemuruh hingga Gelap Gulita



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x