Kompas TV regional berita daerah

Tertinggi Ketiga di Indonesia, Ini Fakta-fakta Menarik Soal Gunung Semeru!

Kompas.tv - 4 Desember 2021, 19:10 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Gunung Semeru terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan puncak Mahameru. Ketinggiannya mencapai 3.676 meter dari permukaan laut (MDPL).

Gunung Semeru terbentuk dari subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia. Gunung Semeru juga menjadi gunung api tertinggi ketiga di Indonesia.

Gunung Api Semeru di Lumajang Jawa Timur, erupsi. Sejumlah warga yang berada di kaki Gunung Semeru panik dan langsung mengevakuasi diri ke tempat aman.

Menurut keterangan warga, awan panas terlihat pertama kali sekitar pukul setengah 4 sore dari atas gunung.

Baca Juga: 30 Rumah Ambruk Karena Berada di Sekitar Jalur Aliran Lahar Gunung Semeru

Sebelumnya, informasi terkait peristiwa Gunung Semeru erupsi, sejak erupsi terjadi, listrik tidak berfungsi atau padam.

Selain itu, kondisi di Lumajang Jawa Timur masih gerimis, sementara untuk warga sedang mengungsi di tempat pengungsian, seperti masjid, sekolah dan tempat-tempat lain yang aman.

Sementara itu, warga juga sempat melihat langsung di suatu wilayah di Kecamatan Pronojiwo bahwa sekitar 30 rumah sudah ambruk, karena rumah-rumah tersebut berada di sekitar jalur aliran lahar Gunung Semeru. 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.