Kompas TV regional peristiwa

Gunung Semeru Erupsi, Warga Sekitar Menyelamatkan Diri

Kompas.tv - 4 Desember 2021, 17:06 WIB
Penulis : Akbar Prabowo

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Warga sekitar Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, menyelamatkan diri setelah gunung api tersebut erupsi pada hari Sabtu, 4 Desember 2021.

Sore hari menjelang pukul 3, awan panas guguran Gunung Semeru terlihat dari daerah Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Baca Juga: Keluarkan Guguran Lava Pijar, Gunung Semeru Berstatus Waspada

Kepulan asap pekat yang besar dan tinggi membuat warga panik sehingga berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri dan mengungsi untuk sementara waktu.

Menurut keterangan tertulis dari Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Timur yang didapatkan Kompas TV melalui pesan singkat, hingga pukul 15:30 WIB dinyatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Baca Juga: Video Detik-detik Banjir Lahar Gunung Semeru Menerjang Jembatan Bambu Sepanjang 20 Meter!

BPBD Jawa Timur juga mengimbau untuk menjahui daerah sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru. Agen Bencana Provinsi Jatim dan TRC PB BPBD Kab. Lumajang menuju lokasi untuk assesment dan melakukan evakuasi warga di sekitar Gunung Semeru.

Video editor: Laurensius Krisna Galih



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.