Kompas TV nasional peristiwa

Dua Prajurit Korban Kontak Senjata di Suru-Suru Papua Dievakuasi ke Timika

Kompas.tv - 4 Desember 2021, 16:28 WIB
dua-prajurit-korban-kontak-senjata-di-suru-suru-papua-dievakuasi-ke-timika
Pangdam XVII Cenderawasih, Mayjen Ignatius Yogo Triyono, menunjukan senjata api jenis M-16 yang dilengkapi dengan pelontar granat, yang berhasil diamankan oleh Babinsa Koramil 1715-05/ Batom dari dua anggita KKB, Jayapura, Papua, Rabu (8/9/2021) (Sumber: KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDI)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Fadhilah

PAPUA, KOMPAS.TV - Dua prajurit korban penembakan kelompok sipil bersenjata (KSB) di Suru-Suru, dievakuasi ke Timika, Papua, pada Sabtu (4/12/2021).

Kedua prajurit yang dievakuasi termasuk jenazah Serda Putra Rahaldi yang setibanya di Timika langsung diterbangkan ke Aceh melalui Jakarta. 

Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan mengatakan, evakuasi menggunakan helikopter caracal milik TNI-AU yang saat ini berada di Timika.

Korban yang mengalami luka tembak yakni Praka Suheri menjalani pengobatan di RSUD Timika.

Insiden penembakan yang terjadi Jumat (3/12/2021) sekitar pukul 13.45 WIT itu terjadi saat kedua prajurit sedang mengambil air di tempat penampungan yang jaraknya hanya sekitar 15 meter dari pos.

"Saat itulah mereka ditembak hingga menewaskan Serda Putra Rahaldi," kata Brigjen TNI Izak Pangemanan dilansir dari Antara, Sabtu.

Tercatat lima prajurit TNI terluka, dua di antaranya gugur di Suru-suru sejak tanggal 20 November lalu yakni Sersan Satu Ari Baskoro dan Serda Putra Rahaldi.

Distrik Suru-suru sendiri masuk dalam wilayah Kabupaten Asmat namun Kabupaten Yahukimo juga mengklaim wilayah itu.

Baca Juga: Detik-detik Kontak Senjata TNI-KKB di Suru Papua, Satu Tentara Indonesia Gugur

Penembakan TNI oleh KKB Papua

Diberitakan sebelumnya, insiden kontak senjata antara personel TNI dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali terjadi di Distrik Suru-Suru, Kabupaten Yahukimo, Papua, Jumat (3/12/2021) yang mengakibatkan satu personel TNI gugur dan satu lainnya mengalami luka-luka.

Adapun yang menjadi korban adalah Sersan Dua (Serda) Putra Rahadi gugur dan Prajurit Kepala (Praka) Suheri dimana keduanya mengalami luka tembak dalam kontak senjata itu.

"Satu orang gugur dan satu orang terluka. Kejadian kurang lebih terjadi pukul 13.45 WIT," ujar Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono.

Baca Juga: Dua Prajurit Ditembak KKB Papua, Satu Gugur



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x