Kompas TV internasional kompas dunia

Kalahkan Beitar Jerusalem yang Anti-Palestina, Klub Sepak Bola Ini Dilarang Main di Markasnya

Sabtu, 4 Desember 2021 | 13:07 WIB
kalahkan-beitar-jerusalem-yang-anti-palestina-klub-sepak-bola-ini-dilarang-main-di-markasnya
Foto bertanggal 16 September 2004 memperlihatkan para suporter Hapoel Bnei Sakhnin menonton tim mereka bertanding di putaran pertama leg pertama Piala UEFA di St. James Park, Newcastle, Inggris. (Sumber: AP Photo/Scott Heppell)

Penulis : Edy A. Putra | Editor : Gading Persada

LONDON, KOMPAS.TV - Pemerintah Israel melarang Bnei Sakhnin, klub sepak bola yang berasal dari wilayah berpenduduk mayoritas warga Palestina Israel, bermain di stadionnya sendiri.

Keputusan itu diambil setelah Bnei Sakhnin menang melawan Beitar Jerusalem, klub Israel yang dikenal dengan suporternya yang kerap melontarkan yel-yel rasisme anti-Palestina.

Kamis (2/12/2021) lalu, Kementerian Perekonomian dan Perindustrian Israel mengumumkan, pencabutan izin penggunaan Stadion Doha di Sakhnin, kota di utara Israel yang dihuni mayoritas warga Palestina Israel.

Pihak otoritas berdalih Bnei Sakhnin telah melanggar jumlah suporter yang diizinkan untuk hadir di stadion.

Menurut otoritas, Bnei Sakhnin diizinkan untuk menghadirkan 5.388 suporter untuk menonton pertandingan melawan Beitar Jerusalem dari 7.414 tempat duduk yang tersedia di Stadion Doha.

Baca Juga: Pejabatnya Disadap Israel, Kementerian Luar Negeri Palestina Berang

Namun, menurut otoritas, jumlah suporter Bnei Sakhnin yang hadir di stadion mencapai 7.000 orang. Sedangkan suporter Beitar Jerusalem berjumlah hampir 500 orang.

“Kami menanggapi dengan serius pelanggaran terhadap syarat yang sudah kami tetapkan untuk izin bisnis stadion tersebut,” bunyi pernyataan yang dirilis kementerian tersebut.

Arab High Follow-Up Committee, organisasi yang menaungi faksi-faksi politik yang mewakili warga Palestina Israel, menyebut langkah itu bernuansa “politis.” Sebanyak 20 persen warga Israel berlatar belakang Palestina.

Bnei Sakhnin mengandaskan Beitar Jerusalem 2-0 dalam pertandingan Liga Primer Israel pada 30 November lalu. Hasil tersebut membuat posisi Bnei Sakhnin melejit ke peringkat ketiga klasemen.

Sumber : Middle East Eye


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:44
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19