Kompas TV internasional kompas dunia

Pengadilan Libya Putuskan Anak Muammar Khadafi Berhak Ikut Pemilu Presiden

Sabtu, 4 Desember 2021 | 06:35 WIB
pengadilan-libya-putuskan-anak-muammar-khadafi-berhak-ikut-pemilu-presiden
Seif Al-Islam (kiri) yang merupakan putera dari diktator Libya Moammar Kadhafi, mencalonkan diri sebagai Presiden Libya, Minggu 14 November 2021. (Sumber: Associated Press)

KAIRO, KOMPAS.TV — Pengadilan di Libya pada hari Kamis (02/11/2021) menjatuhkan putusan putra mendiang diktator Libya Moammar Gadhafi, Seif al-Islam, dapat bersaing dalam pemilihan presiden mendatang.

Keputusan ini sekaligus membatalkan keputusan badan pemilihan tinggi negara yang mendiskualifikasi Seif al-Islam, seperti dilansir Associated Press, Jumat (03/12/2021).

Pengadilan provinsi selatan Sabha memutuskan mendukung Seif al-Islam Gadhafi, membuatnya sah bisa bersaing dalam pemilu presiden Libya.

Selama hampir satu minggu, pengadilan tidak dapat bersidang untuk mendengarkan banding setelah gedung itu dikepung oleh orang-orang bersenjata yang menghalangi para hakim untuk masuk.

Pekan lalu, Komite Pemilihan Nasional Tinggi Libya mendiskualifikasi Seif al-Islam, mengutip vonis masa lalu terkait dengan penggunaan kekerasan terhadap pengunjuk rasa. Putusan diskualifikasi itu memicu Seif al-Islam mengajukan banding.

Putaran pertama pemungutan suara akan dimulai pada 24 Desember, meskipun sejumlah masalah perlu diselesaikan sebelum itu.

Masih belum jelas apakah ada tantangan hukum lebih lanjut yang dapat diajukan terhadap pencalonan Seif al-Islam.

Dalam sebuah posting Twitter Kamis malam, dia berterima kasih kepada para hakim karena mempertaruhkan keselamatan pribadi mereka, dengan mengatakan mereka mengadili “atas nama kebenaran.” Seif juga mengucapkan terima kasih kepada keluarga dan pendukungnya.

Pemilihan itu dilakukan setelah bertahun-tahun upaya yang dipimpin PBB untuk mengantarkan masa depan yang lebih demokratis dan mengakhiri perang saudara di negara itu.

Libya dilanda kekacauan sejak pemberontakan yang didukung NATO menggulingkan Moammar Gadhafi pada 2011.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:28
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19