Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Buka Rapimnas, Jokowi Minta Kadin Berperan dalam Presidensi G20

Kompas.tv - 4 Desember 2021, 08:10 WIB
buka-rapimnas-jokowi-minta-kadin-berperan-dalam-presidensi-g20
Buka Rapimnas, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Kadin berperan dalam presidensi G20.   (Sumber: Sekretariat Presiden)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

BADUNG, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta dukungan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) untuk mendetailkan kebijakan-kebijakan pemerintah. 

Utamanya, kata Jokowi, yang akan menjadi fokus Indonesia pada presidensi G20 yang telah dimulai sejak 1 Desember 2021 kemarin. 

Adapun masukan-masukan dari pelaku usaha ini dibutuhkan guna kebijakan dan implementasinya bisa selaras.

Pernyataan ini disampaikan Jokowi dalam sambutannya saat membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Tahun 2021 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Jumat (3/12/2021). 

Kepala Negara ini menyebut terdapat tiga fokus Indonesia dalam presidensi G20 ini. 

“Satu, urusan arsitektur kesehatan global, yang kedua mengenai transisi energi menuju energi yang hijau dan berkelanjutan, kemudian yang ketiga mengenai digitalisasi,” kata Jokowi.

Dia kemudian berujar, bandul ekonomi dunia mulai bergerak ke arah ekonomi hijau, termasuk sektor energi.

Baca Juga: Resmi Luncurkan Peta Jalan Ekonomi Kerthi Bali, Jokowi: Kekuatan Indonesia Ada di Sini

Sebab itu, lanjut dia, Indonesia harus segera menyesuaikan agar ketika dunia hanya menerima produk-produk yang dihasilkan energi terbarukan, Indonesia sudah siap.

“Kalau misalnya nanti suatu titik entah dua tahun lagi, entah tiga tahun lagi, atau lima tahun lagi, Eropa misalnya hanya menerima produk-produk hijau yang dihasilkan dari renewable energy dan kita belum siap, bagaimana kita mau mengekspor barang-barang kita?" jelasnya. 

Dia kemudian mengatakan, begitu Eropa memulai, negara lain pasti juga akan memulai. Sehingga Indonesia harus cepat mengambil langkah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.