Kompas TV regional peristiwa

Inilah Titik Lokasi Evakuasi Apabila Terjadi Tsunami di Cilegon

Kompas.tv - 4 Desember 2021, 06:10 WIB
inilah-titik-lokasi-evakuasi-apabila-terjadi-tsunami-di-cilegon
Pemerintah Kota Cilegon menggelar Apel Siaga Bencana dan menyiapkan sejumlah titik lokasi evakuasi bencana alam yang ada di wilayah tersebut. (Sumber: KompasTV/Suherdi)

CILEGON, KOMPAS.TV – Mengantisipasi terjadinya bencana alam di Kota Cilegon saat libur Natal dan Tahun Baru, Pemerintah Kota Cilegon menggelar Apel Siaga Bencana dan menyiapkan sejumlah titik lokasi evakuasi yang ada di wilayah tersebut.

Selain itu, Forkopimda juga melakukan pemeriksaan terhadap alat-alat penunjang evakuasi apabila bencana alam terjadi.

Sekedar informasi, saat ini kondisi wilayah di Kota Cilegon sendiri kerap dilanda cuaca ekstrem. Mengingat, bulan Desember 2021 sampai dengan Maret 2022 merupakan puncak musim hujan yang dikhawatirkan dapat berpengaruh terhadap keselamatan transportasi dan masyarakat terutama pada saat Nataru.

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menyampaikan, kekhawatiran terjadinya bencana ini perlu ditingkatkan dikarenakan Kota Cilegon sebagian wilayahnya adalah kawasan industri yang berdiri pabrik-pabrik berat termasuk pabrik kimia.

Baca Juga: Viral Isu Potensi Tsunami 8 Meter di Cilegon Saat Natal dan Tahun Baru, BMKG: Patut Waspada

Saat ini kata Helldy, baru ada satu rumah sakit yang bisa menangani bahaya dari industri kimia yakni, Rumah Sakit Krakatau Medika.

Ia juga meminta industri untuk melakukan simulasi kesiapsiagaan bencana guna menjamin keselamatan warga yang bekerja di wilayah tersebut.

“Kami minta untuk industri terutama, adanya simulasi agar supaya karyawan yang ada di situ juga bisa mempunyai standar yang diminta Pemkot Cilegon,” papar Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, Jumat (3/12/2021).

Selain itu Wali Kota Cilegon juga menjelaskan, Pemkot Cilegon menyiapkan beberapa lokasi evakuasi yang ada di lokasi ini. Tempat evakuasi itu berupa gedung sekolah, kantor pemerintahan, hingga lapangan terbuka.

“Tempat evakuasi sementara di antaranya SD Pulorida, SD Gerem 3 Kecamatan Grogol, lapangan terbuka Palm Hills sama lapangan terbuka Karang Jetak, terus kemudian Kantor Kelurahan Randakari."

"Sedangkan titik tempat evakuasi akhir, SMPN 4 Cilegon Kelurahan Jombang Wetan, Kelurahan Gunung Sugih, dan daerah terbuka Kubang Lumrah Cilegon."

Baca Juga: Jangan Panik! BMKG Terus Amati Potensi Tsunami 8 Meter di Cilegon, Waktunya Sulit Diprediksi

"Jadi informasi ini sesuai dengan Perda Nomor 1 tahun 2020 tentang tata ruang wilayah Kota Cilegon sudah kita jelaskan tadi,” jelas Helldy.

Ditanya soal titik evakuasi bagi masyarakat industri, Helldy mengungkapkan, pihaknya akan melakukan rapat terlebih dahulu dengan jajaran Forkopimda untuk mengetahui langkah-langkah yang akan dilakukan.

“Masing-masing itu nanti, makanya kita hari ini langsung rapatkan Forkopimda supaya kita bisa mengetahui lebih detail langkah-langkah apa yang harus kita lakukan setelah ini, setelah bikin surat, setelah apel, kemudian kita harus melakukan apa kami butuh masukan masukan unsur Forkopimda,” pungkasnya. (Suherdi)



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x