Kompas TV olahraga kompas sport

Antisipasi Varian Omicron, Anies Baswedan Tunda Turnamen IYC 2021 dan Peluncuran JIS

Kompas.tv - 3 Desember 2021, 22:19 WIB
antisipasi-varian-omicron-anies-baswedan-tunda-turnamen-iyc-2021-dan-peluncuran-jis
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan penundaan pelaksanaan turnamen International Youth Championship (IYC) 2021 (Sumber: tangkapan layar Youtube Pemprov DKI Jakarta)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan penundaan pelaksanaan turnamen International Youth Championship (IYC) 2021 yang diadakan di Bali dan Jakarta pada 4 sampai 11 Desember 2021.

Tidak hanya itu, rencana soft launching Jalarta International Stadium (JIS) juga ikut ditunda menyusul berkembangnya Covid-19 varian Omicron di berbagai belahan dunia.

Menurut Anies Baswedan, sekalipun pandemi Covid-19 di Jakarta tergolong terkendali dengan kasus aktif ada di kisaran 400 dan terus melandai, namun kewaspadaan tidak boleh kendur.

Dengan melihat perkembangan varian Omicron di berbagai belahan dunia dan berdasarkan hasil rapat dengan pemerintah dan pihak terkait, ia pun menyampaikan beberapa hal terkait penyelenggaraan IYC.

“Seluruh kegiatan olahraga dan kebudayaan yang melibatkan orang asing dan berpotensi melibatkan orang banyak tidak diperbolehkan sampai saat ini,” ujarnya, Jumat (3/12/2021).

Baca Juga: Jelang Laga Final IYC 2021 di JIS, Jakpro Antisipasi Potensi Penularan Varian Omicron

Anies Baswedan juga mengapresiasi sikap pemerintah pusat yang sangat berhati-hati, terutama ekstra ketat menjaga perbatasan, sangat ketat membatasi peserta dari luar negeri, dan juga sangat ketat membatasi kegiatan yang menimbulkan daya tarik publik untuk mengikutinya.

“Memang benar lebih baik mencegah kebocoran sekecil apa pun sejak awal, sehingga kita bisa memastikan kondisi pandemi, khususnya terkait Omicron lebih terkendali,” ucapnya.

Oleh karena itu, ia menyampaikan kepada Pancoran Soccer Field untuk menangguhkan seluruh rangkaian pelaksanaan turnamen IYC, termasuk di dalamnya penangguhan soft launching JIS sampai situasi pandemi dan penyebaran varian Omicron lebih terkendali dan dapat diprediksi.

“Ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dan kesehatan semnua pihak yang terlibat dalam IYC dan soft launching JIS, termasuk juga masyarakat Jakarta dan tidak menimbulkan penyebaran bersifat massif,” kata Anies Baswedan.

Baca Juga: Barcelona dan Madrid Bakal Jajal JIS, Ini Harapan Anies Baswedan

Kendati ditunda, Anies Baswedan tidak menampik banyak pihak yang sudah bekerja keras dengan mengeluarkan sumber data energi untuk mempersiapkan perhelatan ini.

Anies Baswedan mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada  BNPB, Ketua Satgas Covid, Kementerian Maritim dan Investasi, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Gubenur dan Jajaran Pemda Bali, PT Jakarta Turisindo, PT Jakarta Propertindo, jajaran Pancoran Soccer Field, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Soekarno-Hatta, Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta, Kapolres Bandara Soekarno-Hatta, Kepala Kantor Otoritas Bandara Soekarno-Hatta, PT Garuda Indonesia, Media Nusantara Citra Tbk, Sangrila Hotel, serta jajaran Pemprov DKI Jakarta.

“Walaupun hari ini ditunda (IYC dan JIS), tetapi tetap kami laksanakan sampai kondisi terkendali,” kata Anies Baswedan.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x