Kompas TV internasional kompas dunia

Indonesia Mesti Waspada, Omicron Sudah Menyebar ke Singapura, Malaysia dan Australia

Kompas.tv - 3 Desember 2021, 22:05 WIB
indonesia-mesti-waspada-omicron-sudah-menyebar-ke-singapura-malaysia-dan-australia
Ilustrasi suasana Bandara Changi Singapura. Varian Omicron Covid-19 sudah menular ke negara-negara tetangga Indonesia, termasuk Singapura. (Sumber: GETTY IMAGES)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Hariyanto Kurniawan

SINGAPURA, KOMPAS.TV - Varian baru Covid-19 Omicron sudah menyebar ke negara-negara tetangga Indonesia. Masyarakat Indonesia patut waspada.

Omicron yang telah masuk daftar variant of concern WHO menyebar dengan cepat ke banyak negara sejak pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan.

Takeshi Kasai, Direktur Pasifik Barat WHO mengingatkan, negara-negara di dunia perlu waspada dengan mutasi Corona yang sangat menular ini.

Baca Juga: Waspada Omicron, Wapres Minta Pengetatan Pintu Masuk ke Indonesia

"Orang tidak boleh hanya mengandalkan penutupan perbatasan. Yang paling penting adalah mempersiapkan diri dari varian dengan potensi penularan yang tinggi ini," kata Kasai pada Jumat (3/12/2021).

Meski begitu, ilmuwan WHO Soumya Swaminathan juga mengimbau warga dunia untuk tidak panik menghadapi varian Omicron. Hal ini karena seluruh negara sudah berpengalaman menghadapi Covid-19 dan memiliki vaksin.

"Kita perlu siap dan waspada, tidak panik karena kita berada dalam situasi yang berbeda dengan satu tahun lalu," kata Swaminathan, dilasir dari Aljazeera.

Di Asia, kini ada setidaknya 6 negara yang telah melaporkan kasus Covid-19 varian Omicron, yaitu Jepang, Hong Kong, Malaysia, Jepang, India, dan Korea Selatan.

Baca Juga: DPR: Kami Mohon dengan Sangat Menteri Agama Mengantisipasi Varian Baru Omicron Saat Haji dan Umrah

Singapura telah melaporkan dua kasus varian Omicron pada hari Kamis (2/12/2021). Melansir Straits Times, dua kasus itu ditemukan pada orang yang baru tiba dari Johannesburg, Afrika Selatan pada Rabu (1/12/2021). 

Kedua pasien itu langsung diisolasi setibanya di Singapura dan menjalani pemulihan di bangsal isolasi National Centre for Infectious Diseases. Keduanya merasakan gejala batuk dan tenggorokan gatal. 

Sementara, Malaysia baru melaporkan adanya satu kasus Covid-19 varian Omicron pada Jumat hari ini. 

Menteri Kesehatan Malaysia Khairy Jamaluddin menjelaskan, varian Omicron terdeteksi pada seorang mahasiswa asing dari Afrika Selatan yang tiba di Malaysia melalui Singapura pada 19 November 2021.

Di sisi lain, Australia telah memastikan menemukan 8 kasus varian Omicron hingga Jumat, 3 Desember 2021. Seluruh pasien itu telah menjalani karantina.

Di antara pasien-pasien itu, ada seorang anak kecil yang tertular dari orangtuanya yang baru bepergian dari Afrika dan telah menerima vaksin lengkap dua dosis. 

Baca Juga: Vaksinasi Booster Covid-19 Mulai Januari 2022, Menkes Pastikan Biaya di Bawah Rp300 Ribu

 



Sumber : Aljazeera/Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x