Kompas TV nasional berita utama

Mensos Risma Minta Anak Tuli Bicara Teriak Hore, Orang Tua: Itu Benar-Benar Sangat Menyakiti Hati

Kompas.tv - 3 Desember 2021, 19:55 WIB
mensos-risma-minta-anak-tuli-bicara-teriak-hore-orang-tua-itu-benar-benar-sangat-menyakiti-hati
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau kerap dipanggil Risma. (Sumber: Dok Kementerian Sosial)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hati Iies Arum Wardhani, orang tua dari seorang anak penyandang disabilitas, merasa sakit hati ketika melihat Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau yang akrab disapa Risma, meminta seorang anak tuli berbicara.

Iies mengomentari sebuah kejadian dalam rangkaian acara Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2021 yang digelar Kementerian Sosial (Kemensos) pada Rabu (3/12/2021).

“Ketika itu, beliau (Risma) mengatakan, ‘Ayo berteriak seperti ini’. Itu benar-benar sangat menyakiti hati saya,” kata Iies, dalam konferensi pers Koalisi Organisasi Penyandang Disabilitas Anti-Audism secara daring, seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (3/12/2021).

Iies menuturkan, semula ia berharap acara HDI yang digelar Kemensos bisa menjadi acara yang hangat dan memanusiakan anaknya.

Sebab, anak-anak tuli diberikan alat bantu dengar dan diminta untuk berbicara.

Baca Juga: Rekam Jejak Risma Perlakukan Kaum Disabilitas Terungkap, PDIP: Mereka Setara Diperlakukan

“Kemudian didorong, menggunakan 'Ayo kamu berkata horee, A, A,’ itu sangat menyakiti saya. Apalagi dengan perkataan, kamu sekarang tidak bisu,” tuturnya.

Tidak hanya Iies yang sakit hati karena tindakan Risma, Udana Maajid Pratista yang merupakan penyandang disabilitias tuli juga menyatakan rasa kecewa yang sama.

Menurut Udana, teman tuli biasanya lebih suka berbahasa isyarat.

“Tapi kemarin seperti ada perasaan, saya merasa sakit hati. Padahal tidak semua tuli itu bisa nyaman untuk berbicara,” ucapnya Udana yang juga hadir dalam kegiatan yang digelar Kemensos.

Sebelumnya diberitakan KOMPAS TV, Risma terlihat memaksa seorang penyandang tunarungu untuk berbicara di Hari Disabilitas Internasional pada Rabu (1/12/2021).

Berdasarkan pantauan dari akun YouTube Kementerian Sosial (kemensos), Risma mengunjungi berbagai stand pameran karya penyandang disabilitas.

Baca Juga: Risma Paksa Tunarungu Bicara, PDIP: Beliau Mengangkat Mereka Bukan untuk Dikasihani tapi Dimotivasi

Lalu, Risma sampai di stand lukisan dari penyandang tunarungu.

Setelah anak tersebut menyelesaikan lukisannya, ia diminta naik ke atas panggung. Anak tersebut bernama Anfil dan Aldi.

Adapun Anfil yang merupakan penyandang disabilitas mental dan rungu diminta menyampaikan hal yang ingin disampaikan pada Risma secara langsung.

Ia pun berbicara. Sementara itu, Aldi yang juga penyandang disabilitas autisme dan ada gangguan dalam berkomunikasi diminta berbicara, tetapi tidak kunjung berbicara.

“Kamu sekarang Ibu minta bicara enggak pakai alat. Kamu bicara Aldi,” kata Risma.

“Bisa kamu bicara,” kata dia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.