Kompas TV regional berita daerah

Ikan Tuna Diolah Jadi Kudapan Lezat dan Bergizi

Kompas.tv - 3 Desember 2021, 16:40 WIB
Penulis : KompasTV Ambon

AMBON,KOMPAS.TV-Maluku dikenal dengan kekayaan laut yang sangat melimpah, salah satunya ikan. Ini dimanfaatkan ibu-ibu PKK Pelabuhan Perikanan Nusantara Ambon sebagai bahan dasar pembuatan stik ikan tuna.

Dari namanya kita sudah bisa menebak jika olahan ini berbahan dasar ikan tuna. Cara pembuatannya pun sangat muda. Bawang putih, gula dan garam yang telah dihaluskan dicampur dengan telur hingga merata lalu masukan daging ikan tuna yang sudah diblender. Dikocok hingga merata setelah itu ditambahkan baking powder dan terigu. Setelah semua bahan tercampur merata maka adonan siap dibentuk menjadi stik. Simpel kan pemirsa? Oh iya, pada saat penggorengan adonan yang dibentuk tadi dimasukan ke dalam minyak goreng yang masih dingin, biarkan sampai minyaknya panas sambil diaduk.

Nah, ini dia stik ikan tuna hasil kreasi ibu-ibu Dhama Wanita Pelabuhan Perikanan Nusantara Ambon. Stik ikan tuna ini masih belum dipasrkan yah, sementara masih dikonsumsi di lingkungan keluarga.

Cara pengolahan stik ikan tuna ini sudah diajarkan kepada nelayan di desa binaan PPN Ambon dengan harapan dapat menjadi salah satu sumber mata pencaharian mandiri dengan memanfaatkan hasil tangkapan ikan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x