Kompas TV regional berita daerah

Lestarikan Kebudayaan, Suku Lauje Gelar Festival

Kompas.tv - 3 Desember 2021, 16:44 WIB
Penulis : KompasTV Palu

PARIGI MOUTONG, KOMPAS.TV - Demi melestarikan kebudayaan, masyarakat Suku Lauje menggelar kegiatan festival seni dan budaya Suku Lauje di Desa Tinombo Kecamatan Tinombo Kabupaten Parigi Moutong .

Bertempat di halaman rumah Raja Tombolotutu Desa Tinombo, pemerintah Kecamatan Tinombo Kabupaten Parigi Moutong melaksanakan Festival Budaya Suku Lauje.

Melalui pementasan seni yang ditampilkan  oleh masayarakat Suku Lauje dalam kegiatan Festival Kebudayaan Lauje ini diharapkan bisa menumbuhkan rasa cinta masayarakat khususnya generasi muda serta tetap melestarikan Budaya Lauje.

Adapun beberapa ciri khas kebudayaan Suku Lauje yang ditampilkan dalam Festival Budaya Lauje ini seperti tarian Suku Lauje, Momasoro atau tolak bala dari Suku Lauje, Mogumbuy atau membaca syair bahasa Lauje, pertunjukan alat musik Sinta  atau alat musik  Suku Lauje dan Kontau atau seni bela diri Suku Lauje.

Turut hadir juga dalam kegiatan ini perwakilan dari Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi , Rudi Sihombing, ia mengatakan bahwa dari ribuan desa yang mengajukan permohonan sebagai desa kebudayaan hanya sekitar dua ratus tujuh puluh sembilan desa yang terpilih dan salah satunya adalah Desa Tinombo.

Rudi juga berharap dengan kegiatan ini bisa lebih memotivasi generasi muda untuk  terus melstarikan kebudayaan  serta  melanjutkan perjuangan dari pahlawan Raja Tombolotutu .

#FestivalKebudayaan #SukuLauje # KementrianPendidikanKebudayaanRisetdanTeknologi 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.