Kompas TV religi beranda islami

Rahasia Bergegas Mandi di Hari Jumat

Kompas.tv - 3 Desember 2021, 08:38 WIB
rahasia-bergegas-mandi-di-hari-jumat
Ilustrasi mandi untuk salat Jumat. Dalam Islam, dianjurkan bergegas untuk mandi jumat jika belum, mandi seperti mandi jubun agar ibadah salat Jumat (Sumber: freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kenapa sih harus mandi di Hari Jumat? Ternyata banyak rahasia di dalamnya, sebab itu merupakan salah satu sunah di hari Jumat.  

Selain itu, kebaikan di baliknya. Itulah alasan, dalam islam, sebaiknya bergegas mandi di hari Jumat, agar kebaikan itu segera menjadi milik kita.

Dalam sebuah hadis  yang diriwayatkan oleh Sahih Bukhari Nabi mengisahkan mereka yang bergegas untuk ibadah, mandi di hari Jumat, maka kebaikan baginya melimpah.

Rahasia Mandi di Hari Jumat yang Penuh Berkah

Tidak tanggung-tanggung, kata Nabi, jika seorang muslim salat Jumat dan ia juga mandi seperti halnya mandi wajib, maka ia akan mendapatkan banyak sekali keberkahan dalam hidupnya.

Sama seperti mandi wajib artinya, mandi dengan membasuh seluruh kujur tubuh. Mulai dari ujung kepala sampai ke ujung kaki.

Bahkan di sela-sela tubuh yang mungkin jarang terbasuh seperti lipatan-lipatan dalam tubuh juga baiknya dibersihkan.  

Baca Juga: Bacaan Singkat Doa Mustajab untuk Hajat Dikabulkan, Dibaca Jumat Sejak Pagi hingga Matahari Terbenam

Rasulullah SAW bersabda tentang kebaikan ibadah dan mandi di hari jumat ini,  yang artinya:

Barangsiapa mandi pada hari Jumat sebagaimana mandi janabah (Wajib), lalu berangkat menuju masjid, maka ia seakan berkurban dengan seekor unta. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kedua maka dia seolah berkurban dengan seekor sapi.

Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) ketiga maka dia seolah berkurban dengan seekor kambing yang bertanduk. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) keempat maka dia seolah berkurban dengan seekor ayam.

Dan barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kelima maka dia seolah berkurban dengan sebutir telur. Dan apabila imam sudah keluar (untuk memberi khuthbah), maka para malaikat hadir mendengarkan dzikir (khuthbah tersebut). (HR. Bukhari).

Itulah alasan kenapa kok mandi untuk salat Jumat itu sunnah. Selain untuk kebersihaan diri, juga meniru Rasul dan mengikuti tata cara yang beliau sunnahkan.

Itulah rahasia kenapa di hari Jumat, jika sudah waktunya,  kita sebaiknya bergegas untuk mandi dan memperbanyak zikir.

Jika anda bekerja, bisa juga dimuali sejak pagi hari sebelum berangkat ke kantor. Dengan tetap memperbanyak zikir di sela-sela mencari nafkah halal untuk keluarga.

Semoga Allah senantiasa meridhoi kita di hari Jumat yang berkah. Amin.

Wallahu a’lam.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.