Kompas TV internasional kompas dunia

Belanda Umumkan 14 Penumpang Positif Omicron dari Afrika Selatan Sudah Vaksinasi Sebelumnya

Kompas.tv - 3 Desember 2021, 06:35 WIB
belanda-umumkan-14-penumpang-positif-omicron-dari-afrika-selatan-sudah-vaksinasi-sebelumnya
14 Penumpang positif Omicron dari Afrika Selatan sudah vaksinasi sebelumnya. Temuan itu memicu seruan di Belanda untuk mensyaratkan hasil tes negatif Covid-19 menggantikan status sudah menjalani vaksinasi untuk mendapat izin perjalanan udara. (Sumber: Straits Times via Reuters)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

AMSTERDAM, KOMPAS.TV - Otoritas Kesehatan Belanda mengatakan sebagian besar dari 62 penumpang positif Covid-19 yang tiba di Belanda dari Afrika Selatan sudah menjalani vaksinasi Covid-19 sebelumnya.

Temuan tersebut memicu munculnya kebutuhan untuk persyaratan negatif Covid-19 bagi pelancong antar negara, terlepas dari status apakah sudah menjalani vaksinasi atau belum. 

Parahnya, dari 62 penumpang yang dideteksi positif Covid-19, 14 orang terinfeksi varian Omicron dan sudah menjalani vaksinasi Covid-19 sebelumnya, kata pejabat kesehatan Belanda, seperti dilansir Straits Times, Kamis (02/11/2021). 

Berdasarkan aturan saat 600 penumpang pesawat terbang dari Johannesburg dan Cape Town di Afrika Selatan pada 26 November menuju Belanda, mereka mendapat izin melakukan perjalanan karena saat itu syaratnya adalah bukti sudah menjalani vaksinasi Covid-19 atau hasil tes negatif Covid-19 yang dilakukan sebelum keberangkatan.

Seorang juru bicara otoritas kesehatan untuk Kennemerland, di mana bandara Schiphol berada, mengatakan "sekitar 90 persen" dari mereka yang dites positif telah menjalani vaksinasi sebelum melakukan perjalanan.

Seorang juru bicara Institut Kesehatan Belanda (RIVM) memastikan pada hari Kamis, angka 90 persen tersebut termasuk semua penumpang yang terinfeksi virus corona varian Omicron.

Baca Juga: Nah Lho, Omicron Ternyata Sudah Ada di Belanda saat Diumumkan di Afrika Selatan Minggu Lalu

Petugas kesehatan mengangkut penumpang yang terinfeksi yang kembali dari Afrika Selatan ke hotel karantina, di Bandara Schiphol di Amsterdam, Belanda, pada 27 November 2021. (Sumber: Straits Times/ EPA-EFE)

KLM tidak melacak apakah penumpang individu sudah memenuhi persyaratan kesehatan sebelum penerbangan mereka.

Tingkat infeksi di antara penumpang dari Afrika Selatan memicu seruan dari otoritas kesehatan Belanda untuk mensyaratkan hasil tes negatif Covid-19 untuk menggantikan status sudah menjalani vaksinasi untuk mendapat izin melakukan perjalanan udara.

"Dengan kombinasi tes yang diperlukan sebelum keberangkatan ... dan tes ulang lima hari setelah kedatangan, dan mengetahui apa yang terjadi, Anda dapat membuat penerbangan lebih aman," Jaap van Dissel, kepala penyakit menular RIVM, mengatakan dalam kesaksian di parlemen pada hari Rabu.

Dia juga merekomendasikan karantina untuk pelancong dari daerah berisiko tinggi.

Saran RIVM, yang belum diadopsi oleh pemerintah Belanda, adalah bahwa hanya tes PCR yang diambil 48 jam sebelum kedatangan di Belanda yang dapat diterima, dan itu diperlukan terlepas dari status vaksinasi.

Baca Juga: 13 dari 61 Penumpang Positif Covid-19 di Belanda dari Afrika Selatan Terinfeksi Varian Omicron

61 penumpang pesawat yang tiba di bandara Schipol dari Afrika Selatan ditemukan positif Covid-19 dan di antaranya diyakini Omicron. (Sumber: UGC via AP)

Negara-negara di seluruh dunia memperketat aturan penerbangan setelah ditemukannya varian Omicron, yang dijuluki "variant of concern" oleh Organisasi Kesehatan Dunia WHO, karena khawatir bisa mengelak pertahanan tubuh yang didapat dari vaksinasi Covid-19 sehingga bisa memperpanjang pandemi.

Pemerintah Belanda mengatakan sedang mempertimbangkan rekomendasi RIVM tetapi menginginkan keputusan apa pun dibuat di tingkat Uni Eropa. Prancis, Portugal dan Irlandia juga mengadopsi kebijakan serupa.

Otoritas kesehatan di Kennemerland juga mengatakan, mereka membebaskan lebih dari setengah penumpang yang terinfeksi, yang telah diisolasi di sebuah hotel dekat bandara, setelah tes selanjutnya menunjukkan bahwa mereka tidak lagi mengidap virus corona.

Pihak berwenang tidak mengatakan apakah salah satu dari 14 penumpang yang terinfeksi varian Omicron juga dibebaskan karena sudah negatif Covid-19 dengan alasan privasi.

 



Sumber : Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x