Kompas TV regional berita daerah

Difabel Ciptakan Alat Roasting Kopi dari Barang Bekas

Kompas.tv - 2 Desember 2021, 22:10 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Dengan segala keterbatasannya Sugeng pria 44 tahun, difabel asal Dusun Mijen, Desa Merbuh, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah tak patah semangat untuk terus berinovasi. Tak mau berpangku tangan, ia pun memberanikan diri, merakit alat roasting kopi, menggunakan barang bekas.

 

Bahan yang digunakan untuk membuat alat roasting kopi tersebut yakni bekas tabung gas freon yang ujungnya dipotong dan sudah dibersihkan. Bagian dalam tabung itu diberi beberapa penyekat dari plat supaya biji kopi green bean yang dimasak bisa rata matangnya. Tabung lalu diberi penutup yang tengahnya di berilubangi pipa untuk memasukkan biji kopi.,

 

Pipa tersebut fungsinya, untuk memasukkan dan mengeluarkan green bean kopi jika. Setelah tabung jadi, Sugeng membuatkan tempat duduknya. Di bagian bawah agar tabung bisa terpasang diatas kompor gas dengan jarak yang sudah diperhitungkan.

 

Setelah itu mesin yang menggunakan dinamo dihidupkan tabung berputar di atas api kompor gas sehingga biji kopi bisa directing atau disangrai dengan panas merata dan bisa sempurna. Setelah selesai biji kopi dikeluarkan dari tabung dan siap untuk digiling.

 

Awalnya Sugeng mempunyai ide karena ia merupakan pecinta kopi diawali dengan membuat alat yang terbuat dari cangkir seng sehingga muncul ide diperbesar menggunakan tabung bekas gas Freon AC, dan berhasil.

Salah seorang pengusaha kopi rumahan, slamet priyatin asal Kaliwungu Kendal mengaku alat roasting kopi ciptaan sugeng cukup sempurna dan harganya pun terjangkau.

 

Alat roasting kopinya berkapasitas dua kilogram, dan dihargai dua juta rupiah per unit termasuk kompornya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x