Kompas TV advertorial

Komitmen Transformasi Industri Bawa Sritex Raih Penghargaan di Ajang INDI 4.0 dari Kemenperin

Kompas.tv - 3 Desember 2021, 08:00 WIB
komitmen-transformasi-industri-bawa-sritex-raih-penghargaan-di-ajang-indi-4-0-dari-kemenperin
CEO PT Sri Rejeki Isman (Sritex), Iwan Setiawan Lukminto saat meraih penghargaan dalam kategori Product and Service di ajang bergengsi Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0) yang dihelat oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI, Kamis (2/12/2021). (Sumber: Dok. Sritex)
Penulis : Elva Rini

JAKARTA, KOMPAS.TV – PT Sri Rejeki Isman (Sritex) menerima penghargaan dalam kategori Product and Service di ajang bergengsi “Indonesia Industry 4.0 Readiness Index” (INDI 4.0) yang dihelat oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI, Kamis (2/12/2021).

Penghargaan itu diberikan sebagai apresiasi khusus dari Kemenperin, berdasarkan kesiapan perusahaan Sritex menghadapi Industri 4.0.

Sebagai pemain lama yang telah berdiri lebih dari 50 tahun, Sritex terus menyelaraskan diri dengan kemajuan teknologi industri dalam proses produksi.

CEO Sritex, Iwan Setiawan Lukminto mengatakan, "Dari desain saja kami sudah melakukan digitalisasi. Juga untuk pewarnaan, kami menggunakan digital print."

Tidak hanya itu, Iwan menjelaskan bahwa sistem tenun Sritex juga sudah menggunakan sistem robotic, atau lebih tepatnya sistem Programmable Logic Controller menggunakan algoritma.

Menurut Iwan, sistem ini penting digunakan untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi kerja.

“Untuk spinning atau pemintalan juga begitu. Kami menggunakan robotic untuk mengambil barang dan sebagainya, termasuk di garmen," jelas Iwan.

Alhasil, menurut orang nomor satu Sritex ini, proses produksi dari benang hingga barang jadi menjadi lebih efisien dan hemat waktu.

"Jika sebelumnya membutuhkan waktu sebulan untuk proses dari benang sampai menjadi barang jadi, dengan teknologi menjadi dua minggu saja," tambahnya.

Baca Juga: Dua Anak Perusahaan Sritex Sukses Restrukturisasi, Ini Harapan PKPU Sritex

Tak pelak, Sritex dinilai memenuhi berbagai kriteria yang memadai untuk meraih penghargaan INDI 4.0.

Setidaknya, ada lima pilar sebagai kriteria yang mesti dipenuhi untuk meraih penghargaan tersebut, antara lain pilar manajemen dan organisasi, pilar orang dan budaya, pilar produk dan layanan, pilar teknologi, dan pilar operasi industri.

PT Sritex sendiri mengukuhkan diri sebagai perusahaan yang mampu memenuhi kriteria tersebut, terutama produk dan layanan.

Meskipun di tahun kedua pandemi Sritex juga menghadapi banyak tantangan untuk bisa survive dan menjaga perusahaan tetap berjalan dengan sehat, perusahaan ini berusaha untuk tetap tangguh berdiri.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x