Kompas TV nasional politik

Janji KSAD Jenderal Dudung Rekrut Santri Hafiz Al-Quran Jadi Tamtama, Bintara hingga Perwira TNI

Kompas.tv - 2 Desember 2021, 22:07 WIB
janji-ksad-jenderal-dudung-rekrut-santri-hafiz-al-quran-jadi-tamtama-bintara-hingga-perwira-tni
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurrachman di Tenda Putih, di kawasan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Kamis (2/12/2021). Jenderal Dudung Abdurachman berjanji bakal merekrut santri penghafal Al-Qur'an untuk menjadi prajurit TNI di setiap tingkatan, mulai dari Tamtama, Bintara, hingga Perwira TNI. (Sumber: KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman berjanji bakal merekrut santri penghafal Al-Qur'an untuk menjadi prajurit TNI di setiap tingkatan. Itu mulai dari Tamtama, Bintara, hingga Perwira TNI. 

Demikian hal itu disampaikan mantan Panglima Kostrad TNI AD itu saat memantau Reuni 212 di kawasan Taman Pandang, Monas, Jakarta Pusat.

Baca Juga: KSAD Jenderal Dudung Pantau Pengamanan Aksi Reuni 212, Ini Katanya..

Jenderal Dudung mengaku datang ke Monas melihat kesiapan Prajurit TNI AD dalam mengantisipasi aksi Reuni 212 di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Dudung dalam kesempatan itu berharap peserta Reuni 212 tidak melakukan aksi demonstrasi karena tidak mengantongi izin.

"Rata-rata prajurit dan di sini juga kepolisian sudah siap mengantisipasi itu dan mudah-mudahan kami berharap saudara-saudara kita tidak melakukan aksi ya, karena memang izinnya tidak ada,” kata Dudung pada Kamis (2/12/2021).

Baca Juga: Ini Isi Pertemuan Antara Wapres dengan KSAD Soal Pendekatan Keamanan di Papua

“Marilah kita bangun bangsa ini dengan sebaik-baiknya dan mari kita jaga persatuan dan kesatuan.”

Lebih lanjut, Jenderal Dudung mengatakan, bakal merekrut prajurit-prajurit TNI dari mulai Tamtama, Bintara, hingga Perwira dari sejumlah santri penghafal Al-Qur'an.

"Saya akan merekrut prajurit-prajurit, baik tamtama, bintara, dan perwira, ini khusus dari para santri. Dari pesantren-pesantren termasuk dari lintas agama. Khususnya yang dari muslim, ini ada khususnya lagi, yang hafiz Al-Qur'an," ucap Dudung.

Baca Juga: Di Depan Kapolri, KSAD Jenderal Dudung: Sinergitas TNI-Polri Tidak Pernah Padam Luar Biasa

Dudung menjelaskan, alasan dirinya bakal merekrut prajurit TNI dari hafiz Al-Qur'an karena mereka berasal dari pesantren. 

Dudung percaya mereka yang merupakan alumni pesantren sudah dididik dengan baik, terutama dalam hal moral atau akhlak.

Menurut Dudung, hal tersebut sebagaimana sesuai dengan 8 Wajib TNI, di mana yang pertama adalah Bersikap Ramah Tamah Terhadap Rakyat.

Baca Juga: Kunjungi SMP Kartika XIX, KSAD Dudung Abdurachman Kenang Tempat Sekolahnya Dulu

"Ini semua bisa dilakukan kalau akhlak bagus, kepribadian bagus. Nah, para santri-santri ini akan menjadi prajurit yang berakhlak,” ucap Dudung.

“Prajurit yang di lapangan nantinya menghadapi situasi apa pun, mereka lebih tertata dalam komunikasi, khususnya dalam bertingkah laku. Ini ke depan, akan saya lakukan seperti itu,” pungkasnya.

Baca Juga: KSAD Jenderal Dudung: KKB Bukan Musuh Kita, Jangan Terpikir untuk Membunuh

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x