Kompas TV regional berita daerah

Cegah Kecurangan, Diskopindag Kota Malang Tera Ulang Tmbangan Pedagang

Kompas.tv - 2 Desember 2021, 20:23 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV-Satu persatu puluhan timbangan milik pedagang di Pasar Kasin Kota Malang ini diuji oleh petugas.

Timbangan yang kurang akurat selanjutnya akan diperbaiki dan diuji lagi agar timbangan lebih akurat/. Setelah beberapa proses uji dinyatakan lolos timbangan akan diberi tanda khusus dan dikembalikan pada pedagang.

Kepala UPTD Metrologi Legal Diskopindang Kota Malang Bofa Dehi menjelaskan bahwa setiap tahun tera ulang timbangan rutin dilakukan. Tera ulang ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya kecurangan pada alat jual beli

Tujuannya untuk mengurangi kecurangan transaksi jual beli, memahami akan alat timbangannya, penakaran penimbangannya benar sesuai yang berlaku" terang Bofa, Kamis (02/12/2022). 

Sementara itu Imam Syamsuri, kepala paguyuban pedagang Pasar Kasin, menjelaskan bahwa dalam jangka waktu tertentu memang ada penurunan kualitas sehingga keakuratan timbangan berkurang. 

Karena itulah tera ulang ini diperlukan agar timbangan lebih akurat.

"Kami pedagang ya senang namanya pengelolaan timbangan apalagi ini gratis, jadi harus dimanfaatkan sebaik-sebaiknya” kata Imam.

Dengan tera ulang timbangan , maka alat jual beli bisa digunakan secara optimal sehingga proses jual beli antara pedagang dan pembeli bisa berjalan nyaman.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x