Kompas TV regional hukum

Fakta 24 Tahanan Kabur, Kapolres Diperiksa hingga Polda Jambi Janji Beri Uang Rp1,5 Juta buat Warga

Kompas.tv - 2 Desember 2021, 20:44 WIB
fakta-24-tahanan-kabur-kapolres-diperiksa-hingga-polda-jambi-janji-beri-uang-rp1-5-juta-buat-warga
Ilustrasi penjara atau lembaga pemasyarakatan (lapas). Sebanyak 24 tahanan kabur dari Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Muara Bulian Kabupaten Batanghari, Jambi. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Vyara Lestari

JAMBI, KOMPAS.TV - Sebanyak 24 tahanan kabur dari Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Muara Bulian Kabupaten Batanghari, Jambi.

Dari 24 tahanan yang melarikan diri itu, 19 di antaranya berhasil ditangkap. Sementara 5 tahanan lainnya hingga kini belum diketahui keberadaannya.

Baca Juga: Murka! Kapolres Jakpus Minta Tanggung Jawab Perwira Menengah Polri Dikeroyok Anggota Ormas

Imbas kejadian tersebut, Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propam) Polda Jambi lantas memeriksa Kapolres Batanghari AKBP Heru Ekwanto bersama anggotanya. 

"Saya sudah perintahkan Kabid Propam untuk memeriksa Kapolres Batanghari AKBP Heru Ekwanto di Propam Polda Jambi," kata Kapolda Jambi Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo di Jambi, Kamis (2/12/2021).

Rachmad mengatakan, Bidang Propam Polda Jambi tengah memeriksa Kapolres Batanghari dan personil lainnya imbas kasus kaburnya 24 tahanan itu.

"Kasus ini sedang kita proses, Kapolres juga lagi kita proses di Bid Propam," ucap Rachmad Wibowo.

Baca Juga: 4 Tahanan Kabur dari Rutan di Ambon Gegara Penjaga Ketiduran Usai Minum Obat Maag

Ketika ditanya apakah akan dilanjutkan ke Sidang Etik, Kapolda Jambi mengaku belum mengetahui dan belum tentu masuk sidang kode etik karena sampai saat ini masih dalam pemeriksaan

"Belum tentu, masih dalam proses pemeriksaan," ucap Rachmad.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jambi Kombes Mulia Priyanto mengatakan, Tim dari Bid Propam Polda Jambi telah meminta keterangan 10 personel Polres Batanghari, dan sampai saat ini pemeriksaan masih berlangsung.

Kombes Mulia menuturkan, Polda Jambi menjanjikan hadiah uang senilai Rp1,5 juta bagi warga yang memberikan informasi keberadaan lima buronan Polres Batanghari yang kabur itu. 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x