Kompas TV regional berita daerah

Musim Hujan, Harga Cabai di Pasar Tradisional Meroket

Kompas.tv - 2 Desember 2021, 20:17 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV- Di Pasar Besar Kota Malang, harga komoditi cabai merah mengalami lonjakan sejak beberapa pekan terakhir. 

Jika sebelumnya harga cabai rawit berkisar diantara Rp 18.000 hingga Rp 20.000, kini naik Rp 40.000 perkilogram.

Menurut pedagang, intensitas hujan yang cukup tinggi berpengaruh pada tanaman cabai. Sehingga pasokan cabai dari petani berkurang, yang berakibat pada naiknya harga cabai rawit.

Selain itu, naiknya harga cabai berpengaruh besar pada penjualan. Karena dengan harga yang mahal, pembeli memilih mengurangi pembelian cabai.

"Harga cabai sekarang mulai naik semua, dari cabai kecil, cabai besar naik, terakhir 18 ribu cabai kecil, cabai besar juga sama. Sekarang lombok besar Rp 35 ribu, lombok kecil Rp 40 ribu” kata salah satu pedagang, Agus Salam, Kamis (02/12/2021).

Untuk saat ini, pasokan cabai dari Malang sendiri tidak ada. Sehingga pedagang harus mendatangkan cabai dari luar Kota, seperti Bondowoso atau Situbondo.

Selain mahal, kualitas cabai di musim hujan juga tergolong kurang bagus. Sementara itu, berbeda dengan cabai, saat ini harga bawang merah dan bawang putih tergolong stabil di harga Rp 24 ribu perkilogram.

#hargacabaimahal



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x