Kompas TV regional peristiwa

Hati-hati Berkendara! Banyak Kawanan Gajah Liar Melintas di Jalan Utama Kabupaten Bener Meriah Aceh

Kompas.tv - 2 Desember 2021, 19:41 WIB
Penulis : Edwin Zhan

BENER MERIAH, KOMPAS.TV - Kawanan gajah liar melintas di wilayah perkebunan dan rumah warga di Kampung Negeri Antara dan Blang Rakal, Kabupaten Bener Meriah, Aceh.

Sebagian warga pun kini terpaksa mengungsi karena rumah mengalami kerusakan dan tak dapat ditinggali.

Dalam video di atas, tampak sebagian gajah liar yang masuk ke permukiman warga.

Dengan menggunakan suara petasan, warga mencoba mengusir gajah supaya kembali ke hutan.

Kawanan gajah liar yang diperkirakan berjumlah 25 ekor, diduga masuk ke perkebunan dan pemukiman melalui power fencing atau pagar kejut yang sedang diperbaiki oleh petugas.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh, sekitar 18 rumah rusak dan sebagian warga terpaksa mengungsi.

Untuk mengantisipasi kerusakan yang lebih parah, petugas berusaha menggiring kawanan gajah liar untuk kembali ke hutan.

Kabupaten Bener Meriah, merupakan salah satu dari tujuh kabupaten dan kota di Aceh yang memiliki intensitas tinggi konflik gajah dengan manusia.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, tim BKSDA membuat strategi barier yang tersebar di beberapa titik; serta pemasangan GPS Pollar untuk mendeteksi pergerakan awal gajah liar.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.