Kompas TV regional berita daerah

Kendaraan Proyek Terjebak Banjir Lahar Hujan Merapi

Kompas.tv - 2 Desember 2021, 19:01 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

MAGELANG, KOMPAS.TV - Seperti inilah video amatir yang diabadikan oleh warga saat kejadian banjir lahar hujan di Sungai Senowo, Desa Krinjing, Kecamatan Dukun, Magelang, pada Rabu (1/12/2021) petang. Sejumlah kendaraan yang ada di bantaran sungai tidak sempat diamankan karena banjir lahar hujan datang secara tiba-tiba.

Menurut Kepala Desa Krinjing, banjir lahar hujan ini sebenarnya tergolong kecil. Namun dampak yang ditimbulkan oleh banjir lahar hujan tersebut mengakibatkan 5 armada truk dan 1 sepeda motor terjebak material lahar hujan. 

Kendaraan yang terjebak tersebut adalah armada yang sedianya sedang membangun proyek dam di aliran Sungai Senowo. 

"Untuk aliran (lahar) sekitar pukul 16.00 WIB tapi tidak begitu besar, ya masih relatif saja. Untuk armada ada yang terjebak tapi tidak ada yang ikut arus" tutur Ismail, Kepala Desa Krinjing. 

Sementara itu, menurut Petugas Pengamat Gunung Api Babadan, sejumlah sungai yang berhulu di puncak Gunung Merapi mengalami banjir lahar hujan.

"Kejadian hujan kemarin sore, mengakibatkan lahar dingin sisi tenggara, sisi selatan, barat daya, barat " ujar Tri Muji, Petugas Pengamat Gunung Api Babadan.   

Banjir lahar hujan ini disebabkan karena intensitas hujan tinggi terjadi di puncak Gunung Merapi.

#gunungmerapi #laharhujan #banjirlahar



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x