Kompas TV regional berita daerah

PT Tunas Sawa Erma-B Kampanyekan Pelestarian Lingkungan Bersama Masyarakat Kampung Ujungkia

Kompas.tv - 2 Desember 2021, 17:46 WIB
Penulis : Alvian putranto

BOVEN DIGOEL, KOMPAS.TV - Tunas Sawa Erma Group (TSE Group) melalui anak perusahaannya, PT Tunas Sawa Erma-B (PT TSE-B) mengadakan kampanye pelestarian lingkungan flora, fauna dan air sungai. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Sabtu (27/11/2021) di Kampung Ujungkia, Kab. Boven Digoel, Papua.

Baca Juga: PT Tunas Sawa Erma Adakan Pelayanan Vaksinasi Covid-19 Mobile

Kegiatan pelestarian lingkungan flora, fauna dan air sungai merupakan salah satu upaya masyarakat dalam menjaga dan merawat keberadaan hutan, hewan, alam dan air sungai agar tetap sehat, terawat dan dapat mencegah terjadinya kepunahan  serta mencegah terjadinya pencemaran pada air sungai.

Oleh karena itu melalui program Corporate Social Contribution (CSC), PT TSE-B mengadakan kampanye pelestarian satwa dan tumbuhan langka dengan cara membersihkan lingkungan pada area-area hutan serta memasang papan himbauan di pinggir Kali Mungge, sebagai pengingat kepada masyarakat agar tidak mengotori air sungai dengan membuang sampah dan limbah sembarangan.

Tim pelestarian alam dan air ini dipimpin oleh Mr. Bae Hong Ryeol selaku pimpinan PT TSE-B yang datang bersama anggota timnya dan diikuti ketua Marga Misa 2, ketua Marga Mugi, Ketua Adat Ujungkia, Perwakilan Pemerintah Kampung Ujungkia serta didampingi juga oleh tim humas Asiki.

Pada kegiatan pelestarian lingkungan ini, Saudara Fabianus, Staff ISPO PT TSE-B menyampaikan materinya kepada masyarakat tentang kampanye pelestarian lingkungan flora, fauna dan air sungai dengan memperlihatkan gambar-gambar jenis tumbuhan dan hewan yang harus dilindungi, seperti anggrek hitam, sarang semut, pohon matoa, kumis kucing dan buah merah. Adapun jenis hewan yang harus dilindungi seperti Burung Cendrawasih, Burung Mambruk, Nuri, Dan Kasuari.

Selain menunjukkan gambar flora dan fauna, ia juga menyampaikan pentingnya menjaga lingkungan air sungai dengan tidak membuang sampah sembarangan, menangkap ikan dengan menggunakan racun dan membuang kotoran sembarangan (BAB) karena dapat mencemari air sungai dan merusak habitat yang hidup di sungai maupun di hutan.

Kegiatan pelestarian lingkungan ini terlaksana dengan baik berkat dukungan penuh masyarakat Kampung Ujungkia yang ingin agar hutan ini dapat dijaga dan dilindungi dengan baik. Masyarakat meyambut kegiatan ini dengan penuh semangat dan antusias.

Ambrosius Yasi, Ketua Marga Misa 2, mengucapkan terima kasih kepada pihak perusahaan atas kegiatan pelestarian yang sudah dilakukan oleh perusahaan bersama masyarakat Ujungkia.

Walaupun sedang berada di tengah hutan, pihak perusahaan dan masyarakat tetap menjalani protokol kesehatan dengan memakai masker serta menjaga jarak untuk mencegah penularan virus covid-19.

Video Editor: Alvian Dwi Putranto

 

#PTTSE #PelestarianLingkungan #KampungUjungkia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.