Kompas TV regional berita daerah

Angkatan Laut Negara-Negara ASEAN dan Rusia Gelar ARNEX-21

Kompas.tv - 2 Desember 2021, 16:42 WIB
Penulis : KompasTV Medan

MEDAN, KOMPAS.TV - TNI AL dan angkatan laut negara-negara ASEAN menggelar latihan bersama Asean Rusia Naval Exercise Tahun 2021.

Latihan angkatan laut negara-negara ASEAN dan Rusia akan berlangsung hingga 4 Desember 2021 mendatang di perairan Belawan hingga ke Sabang.

Latihan bersama ARNEX-21 yang pertama kali digelar ini dibuka secara langsung Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah di aula Gedung Yos Sudarso Mako Lantamal I Belawan.

Dalam pembukaan Latma ARNEX-21 tersebut, dihadiri Duta Besar Rusia untuk ASEAN, Duta Besar Rusia untuk Indonesia, atase laut negara-negara di ASEAN, Dirkersin Kemhan, dan Komandan Lantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono.

Latihan besama ARNEX-21 merupakan latihan multilateral antara TNI AL, angkatan laut negara ASEAN dan angkatan laut Rusia.

Diselenggarakannya latihan bersama ARNEX 2021 untuk memelihara hubungan persahabatan antara Pemerintah Indonesia, negara-negara ASEAN dan Rusia.

Selain itu, latihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit angkatan laut masing-masing negara peserta latihan.

Latihan yang diikuti 10 negara ini, akan melibatkan kapal perang dan pesawat udara.

Secara garis besar, latihan bersama ARNEX-21 difokuskan pada kerja sama pengamanan maritim, kerja sama taktis antara unsur kapal permukaan dan pesawat udara.

Latihan ARNEX-21 ini merupakan tindak lanjut dari program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dalam membangun sumber daya manusia di TNI AL yang unggul dan profesional, serta pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan operasi. (*)

#arnex-21 #tnial #asean #sumaterautara #sumut #medan #beritamedan #beritadaerah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.