Kompas TV regional berita daerah

Pembatas Sungai Rusak, 5 Rumah Warga Terancam Ambrol

Kompas.tv - 2 Desember 2021, 14:00 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Banjir luapan sungai tanggul di Jember Jawa Timur menyebabkan tembok pembatas yang berdampingan dengan pemukiman warga ambrol. Akibatnya 1 rumah rusak di bagian dapur dan 4 rumah lainnya terancam ambrol. Warga berharap pemerintah segera memperbaiki dan memperkuat tangkis sungai.

Dapur rumah seorang warga di Dusun Tekoan, Desa Tanggul Kulon, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember ambrol, karena pembatas sungai diterjang banjir luapan sungai. Selain itu, empat rumah warga lainnya juga terancam ambrol, jika sungai tanggul kembali meluap.

Untuk menghindari kerusakan parah, warga membuat tangkis darurat sebagai penguat bantaran sungai tanggul, pada Rabu (01/12/2021).

Tangkis darurat sepanjang 80 meter itu dibuat dari bambu dan tumpukan kantong karung yang berisi pasir dan batu. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya ambrol susulan, jika sungai tanggul meluap.

Baca Juga: Sungai Meluap, Ratusan Rumah di 2 Kecamatan Terendam Banjir

Warga berharap pemerintah segera membuat tangkis yang lebih kokoh dan permanen, sehingga aman dari terjangan banjir yang kerap terjadi di musim hujan.

 

#sungai #Tangkis #bantaransungai #rumahambrol #longsor



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.