Kompas TV advertorial

Pria Difabel Asal Kendal Ciptakan Alat Roasting Kopi dari Barang Bekas

Kompas.tv - 2 Desember 2021, 12:24 WIB
Penulis : Theo Reza

KENDAL, KOMPAS.TV - Dengan segala keterbatasannya, Sugeng (44) Seorang pria difabel asal Dusun Mijen, Desa Merbuh, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah berhasil merakit alat roasting kopi dengan menggunakan  barang bekas.

Bahan yang digunakan untuk membuat alat roasting kopi adalah tabung gas freon bekas yang ujungnya dipotong dan sudah dibersihkan. Pada bagian dalam tabung diberi beberapa penyekat dari plat supaya biji kopi green bean yang dimasak bisa rata matangnya.

Tabung tersebut lalu diberi penutup yang pada bagian tengah diberi lubang  pipa untuk memasukkan biji kopi. Pipa tersebut fungsinya untuk memasukkan dan mengeluarkan green bean kopi.

Setelah tabung jadi, Sugeng kemudian membuatkan tempat dudukan pada  bagian bawah agar  tabung bisa  terpasang di  atas  kompor gas dengan  jarak yang sudah diperhitungkan.

Setelah itu  mesin yang menggunakan dinamo dihidupkan, Tabung berputar di atas  api kompor gas sehingga  biji kopi bisa disangrai dengan  panas merata dan bisa sempurna.

Setelah selesai, biji kopi dikeluarkan dari tabung dan siap untuk digiling.

Baca Juga: Kopi Liberika Kayong Utara Resmi Jadi Varietas Andalan Kalbar

Idenya ini berawal dari kecintaan Sugeng pada minuman kopi. Awalnya, Ia membuat alat  yang terbuat dari  cangkir seng. Kemudian muncul ide membuat dengan ukuran lebih besar yaitu dengan menggunakan tabung bekas gas freon ac dan akhirnya berhasil.

Salah satu pengusaha kopi rumahan, Slamet Priyatin asal Kaliwungu, Kendal mengaku alat roasting kopi ciptaan Sugeng cukup sempurna dan harganyapun terjangkau.

Alat roasting kopi dengan kapasitas dua kilogram ini dijual dengan harga Rp 2 Juta per unit dan sudah termasuk kompor.

Video Editor: Vila Randita



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x