Kompas TV bisnis kebijakan

Siap-siap, Pekan Depan Tarif Cukai Rokok Bakal Naik

Kompas.tv - 2 Desember 2021, 12:17 WIB
siap-siap-pekan-depan-tarif-cukai-rokok-bakal-naik
Ilustrasi - Pemerintah akan mengumumkan besara kenaikan tarif cukai rokok tahun 2022 pada pekan depan. (Sumber: Kompas.com/Dian Maharani)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemerintah akan mengumumkan besara kenaikan tarif cukai rokok tahun 2022 pada pekan depan. Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada Selasa (30/11/2021) lalu.

Sampai saat ini, aturan terkait sedang diharmonisasi oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. Besaran kenaikan tarif cukai rokok 2022 akan bervariasi. Ia menyebut ada jenis rokok yang dibanderol single digit dan lainnya double digit.

"Nanti kita lihat sesudah diharmonisasi cukai rokok akan diputuskan dalam rapat terbatas pada minggu depan," ujar Airlangga, dikutip dari Kontan.co.id.

Airlangga menekankan, yang jelas pemerintah telah mempertimbangkan dampaknya terhadap industri, tenaga kerja, petani tembakau, kesehatan dan pengendalian konsumsi rokok, penerimaan negara, serta keberlangsungan rokok ilegal.

Baca Juga: GAPPRI Minta Cukai Rokok Tak Naik Tahun Depan: Malah Butuh Insentif

Sebagai gambaran, tahun ini pemerintah mengerek tarif cukai rokok rata-rata naik 12,5 persen. Ada dua jenis rokok yang tarif cukainya mengalami kenaikan.

Pertama, sigaret kretek mesin (SKM), yaitu SKM golongan I naik 16,9 persen, golongan IIA naik 13,8 persen, dan golongan IIB naik 15,4 persen.

Kedua, sigaret putih mesin (SPM), yaitu  golongan I naik 18,4 persen, golongan IIA naik 16,5 persen, golongan IIB naik 18,1 persen.

Baca Juga: Prevalensi Perokok Anak Masih Tinggi, Kemenkeu akan Naikkan Cukai Rokok

 



Sumber : Kompas TV/Kontan.co.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x