Kompas TV regional berita daerah

Sewa Gedung Taman Budaya Gratis, Usai Didemo

Kompas.tv - 2 Desember 2021, 12:49 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV ­– Ratusan seniman yang tergabung dalam Forum Peduli Pemajuan Kebudayaan Lampung (FPPKL) menuntut Pemerintah Provinsi Lampung untuk lebih memperhatikan peran pelaku seni, baik dengan adanya bantuan anggaran serta respons sewa Gedung Taman Budaya Lampung yang dikeluhkan.

Desakan ini disuarakan dalam aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh 200 seniman di depan Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Rabu (1/12/2021).

Baca Juga: Jurnalis di Lampung Gelar Aksi Bela Nurhadi

Pasalnya, setiap menggunakan fasilitas Gedung Taman Budaya Lampung, para pelaku seni harus mengeluarkan biaya sewa gedung yang tidak sedikit.

Saat dijumpai di lokasi unjuk rasa, Alexander GB Seniman Lampung mengatakan bahwa sejumlah tuntutan yang disuarakan ia dan juga rekan pelaku seni lainnya, akhirnya diterima oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung.

Dalam dialog yang dilakukan kedua belah pihak, dihasilkan kesepakatan bahwa para pelaku seni di Lampung digratiskan dalam penggunaan Gedung Taman Budaya Lampung untuk berbagai pertunjukan.

“Mengenai tuntutan-tuntutan kami, Pak Kadis menyambut baik dan mengupayakan memfasilitasi tuntutan tersebut agar kesenian di Lampung lebih keren lagi,” kata dia.

Baca Juga: Sekelompok Massa Hendak Serang Kampung Tetangga

Di samping itu, Sulpakar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung juga akan mengupayakan adanya bantuan anggaran dalam bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) untuk para pelaku seni, demi mengembangkan peranan seni dan budaya di Lampung.

“Kita sudah sepakat bersama FPPKL untuk berdiskusi menyusun proposal pengajuan program CSR yang pada prinsipnya ini untuk mengembangkan seni budaya Lampung,” jelas Sulpakar.

Dengan digratiskanya sewa Gedung Taman Budaya Lampung diharapkan dapat menggeliatkan pertunjukan dari para pelaku seni, yang sebelumnya sempat berdampak pada diurungkannya pentas seni baik teater, tari, film dan lainnya lantaran biaya sewa gedung yang dinilai cukup besar.

Baca Juga: Serikat Buruh di Lampung Gelar Aksi Tuntut Kenaikan UMP dan UMK

Selain itu, dengan adanya solusi ini juga diharapkan pertunjukan seni di Lampung dapat sekaligus menjadi ajang edukasi bagi masyarakat.

#unjukrasa #senimanlampung #tamanbudayalampung



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x