Kompas TV regional berita daerah

Sewa Gedung Taman Budaya Gratis, Usai Didemo

Kamis, 2 Desember 2021 | 12:49 WIB

LAMPUNG, KOMPAS.TV ­– Ratusan seniman yang tergabung dalam Forum Peduli Pemajuan Kebudayaan Lampung (FPPKL) menuntut Pemerintah Provinsi Lampung untuk lebih memperhatikan peran pelaku seni, baik dengan adanya bantuan anggaran serta respons sewa Gedung Taman Budaya Lampung yang dikeluhkan.

Desakan ini disuarakan dalam aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh 200 seniman di depan Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Rabu (1/12/2021).

Baca Juga: Jurnalis di Lampung Gelar Aksi Bela Nurhadi

Pasalnya, setiap menggunakan fasilitas Gedung Taman Budaya Lampung, para pelaku seni harus mengeluarkan biaya sewa gedung yang tidak sedikit.

Saat dijumpai di lokasi unjuk rasa, Alexander GB Seniman Lampung mengatakan bahwa sejumlah tuntutan yang disuarakan ia dan juga rekan pelaku seni lainnya, akhirnya diterima oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung.

Dalam dialog yang dilakukan kedua belah pihak, dihasilkan kesepakatan bahwa para pelaku seni di Lampung digratiskan dalam penggunaan Gedung Taman Budaya Lampung untuk berbagai pertunjukan.

“Mengenai tuntutan-tuntutan kami, Pak Kadis menyambut baik dan mengupayakan memfasilitasi tuntutan tersebut agar kesenian di Lampung lebih keren lagi,” kata dia.

Baca Juga: Sekelompok Massa Hendak Serang Kampung Tetangga

Di samping itu, Sulpakar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung juga akan mengupayakan adanya bantuan anggaran dalam bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) untuk para pelaku seni, demi mengembangkan peranan seni dan budaya di Lampung.

“Kita sudah sepakat bersama FPPKL untuk berdiskusi menyusun proposal pengajuan program CSR yang pada prinsipnya ini untuk mengembangkan seni budaya Lampung,” jelas Sulpakar.

Dengan digratiskanya sewa Gedung Taman Budaya Lampung diharapkan dapat menggeliatkan pertunjukan dari para pelaku seni, yang sebelumnya sempat berdampak pada diurungkannya pentas seni baik teater, tari, film dan lainnya lantaran biaya sewa gedung yang dinilai cukup besar.

Baca Juga: Serikat Buruh di Lampung Gelar Aksi Tuntut Kenaikan UMP dan UMK

Selain itu, dengan adanya solusi ini juga diharapkan pertunjukan seni di Lampung dapat sekaligus menjadi ajang edukasi bagi masyarakat.

#unjukrasa #senimanlampung #tamanbudayalampung

Penulis : Kompastv Lampung

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Saluran Irigasi Tertimbun Longsor

Selasa, 18 Januari 2022 | 15:28 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
15:39
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19