Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Luhut: Belanja Uang Turis di Bali Lebih Kecil Dibandingkan Tempat Lain di Asia

Kamis, 2 Desember 2021 | 09:17 WIB
luhut-belanja-uang-turis-di-bali-lebih-kecil-dibandingkan-tempat-lain-di-asia
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan ingin turis asing yang ke Bali lebih banyak membelanjakan uangnya sehingga membuat kunjungan wisatawan lebih berkualitas untuk perekonomian Bali (2/12/2021). (Sumber: Instagram @luhut.pandjaitan)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menginginkan turis yang berwisata ke Bali lebih banyak membelanjakan uangnya. Luhut menyebut di era pandemi, Indonesia harus mengutamakan kualitas wisatawan, bukan sekedar kuantitas.

Ia mencontohkan, pengeluaran turis di Bali masih lebih rendah dibandingkan dengan pengeluaran turis di Kuala Lumpur, Malaysia. Padahal, Bali merupakan wilayah dengan sebaran wisatawan paling tinggi baik dari mancanegara maupun domestik di Indonesia.

"Pada 2018, pengeluaran turis per malam di Indonesia masih lebih kecil dibandingkan negara lain di Asia. Bisa dilihat dari tabel, kalau Indonesia masih di bawah Malaysia," kata Luhut seperti dikutip Antara, Kamis (2/12/2021).

Baca Juga: Kunjungi Proyek Bandara Kediri, Luhut: Terima Kasih Kepada Gudang Garam

Luhut menyebut data Mastercard 2018, pengeluaran turis per malam di Bali sekitar 125 dollar AS, di bawah Kuala Lumpur, Malaysia, sebesar 142 dollar AS.

Pengeluaran turis per malam di Bali jauh lebih kecil dibandingkan di Osaka (Jepang) sebesar 223 dollar AS, di Phuket (Thailand) sebesar 247 dollar AS dan Singapura sebesar 272 dollar AS.

"Maka kita harus buat yang berkualitas," ujar Luhut.

Baca J uga: Sri Mulyani Beri Jawaban Menohok soal Pemotongan Anggaran MPR: Difokuskan Bantu Rakyat Miskin

Luhut menilai, Bali selama ini terlalu fokus pada turis asing. Hal itu kini menjadi masalah. Sejak 2015-2019, kunjungan wisman ke Bali terus meningkat dengan kontribusi 63,4 persen terhadap total kunjungan wisman ke Indonesia.

Sejak pandemi menghantam, kunjungan turis asing anjlok drastis dan pariwisata Bali menjadi mati suri. Makanya, Luhut ingin Bali mulai serius menggarap potensi kunjungan wisatawan dalam negeri.
 

Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto

Sumber : Antara



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:39
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19