Kompas TV internasional kompas dunia

Tegang! Rusia Ancam Diplomat AS Harus Angkat Kaki pada 31 Januari 2022

Kamis, 2 Desember 2021 | 09:15 WIB
tegang-rusia-ancam-diplomat-as-harus-angkat-kaki-pada-31-januari-2022
Kedutaan Besar Amerika Serikat di Moskow, Rusia. Pada Rabu (1/12/2021), Rusia meminta sejumlah diplomat AS di Rusia angkat kaki dari negara mereka selambat-lambatnya pada 31 Januari 2021. (Sumber: Associated Press)

MOSKOW, KOMPAS.TV - Rusia memperingatkan bahwa sejumlah diplomat Amerika Serikat (AS) harus meninggalkan Rusia sebelum 31 Januari 2022, Rabu (1/12/2021). Peringatan ini merupakan serangan terakhir dalam tarik ulur diplomatik antara Moskow dan Washington.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan, permintaan Rusia merupakan balasan dari tindakan AS yang akan membuat 55 diplomat Rusia pergi dari AS.

“Kami melihat permintaan Amerika sebagai pengusiran dan akan merespons dengan baik,” kata Zakharova.

Baca Juga: Ini Ancaman NATO jika Rusia Nekat Langgar Kedaulatan Ukraina

Duta Besar Rusia untuk Washington, Anatoly Antonov, pekan lalu mengatakan bahwa 27 diplomat Rusia diminta pergi dari wilayah tugasnya di AS pada 30 Januari. Enam bulan berikutnya, diplomat dengan jumlah yang sama juga diminta pergi dari AS. 

Dia menolak argumen Departemen Luar Negeri AS bahwa para diplomat Rusia harus pergi karena visa mereka akan habis masa berlakunya.

Dubes Antonov mengatakan bahwa penolakan Washington untuk memperpanjang visa para diplomat sama saja dengan mengusir mereka.

Pada Rabu, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Yuri Ryabkov menggambarkan langkah Washington sebagai penghancuran misi diplomatik yang efektif.

“Mereka melanjutkan upaya untuk memberikan tekanan. Ultimatum yang digunakan Amerika dalam hubungan kedua negara tidak dapat diterima bagi kami. Kami akan membalasnya dengan baik," ujarnya seperti dikutip dari The Associated Press.

Baca Juga: Rusia Berhasil Uji Coba Rudal Hipersonik di Laut Putih, Disebut 9 Kali Lipat Kecepatan Suara

Penulis : Tussie Ayu | Editor : Fadhilah

Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:53
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19