Kompas TV internasional kompas dunia

Amerika Serikat Identifikasi Kasus Pertama Varian Omicron

Kompas.tv - 2 Desember 2021, 06:16 WIB
amerika-serikat-identifikasi-kasus-pertama-varian-omicron
Vaksin COVID-19 dari Pfizer dipersiapkan untuk diberikan pada warga di Las Vegas, Amerika Serikat. Amerika Serikat mengkonfirmasi kasus pertama varian omicron pada Rabu (1/12/2021) di California. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Fadhilah

WASHINGTON, KOMPAS.TV — Amerika Serikat (AS) mengidentifikasi kasus pertama varian omicron di California. Varian ini ditemukan dari seseorang yang baru tiba dari Afrika Selatan pada 22 November dan dinyatakan positif Covid-19 pada Senin (29/11/2021).

Orang tersebut diketahui telah divaksinasi lengkap. Saat ini ia hanya mengalami gejala ringan dan kondisinya berangsur-angsur membaik.

“Kami tahu bahwa ini hanya masalah waktu sebelum kasus pertama Omicron terdeteksi di Amerika Serikat,” kata Dr. Anthony Fauci, pakar penyakit menular utama pemerintah AS, Rabu (1/12/2021).

Seperti dikutip dari Los Angeles Times, pasien kini telah melakukan karantina mandiri. Semua kontak dekatnya telah diidentifikasi dan sejauh ini telah dites negatif. 

Baca Juga: Saudi Deteksi Varian Omicron, Kasus Pertama di Negara-negara Teluk Arab

Pihak berwenang AS belum mengumumkan di wilayah mana pasien tersebut tinggal.

Namun kasus itu dikonfirmasi oleh Departemen Kesehatan Masyarakat San Francisco, dengan pengurutan genom yang juga dilakukan di San Francisco.

"Kita harus tetap waspada terhadap varian ini, tetapi bukan berarti menjadi panik," kata Departemen Kesehatan Masyarakat California dan San Francisco dalam sebuah pernyataan bersama. 

“Untuk membantu mendeteksi dan mencegah penyebaran varian baru ini, negara bagian California meningkatkan pengujian Covid-19 di bandara kami untuk kedatangan dari negara-negara yang diidentifikasi oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS,” tambahnya.

“Kami menyadari bahwa semua orang kelelahan, dan berita tentang varian baru bisa sangat banyak,” Penting bagi kita untuk bersama-sama fokus pada hal-hal yang kita ketahui tentang mencegah penyebaran Covid-19 dan variannya. Setiap individu harus divaksinasi dan didorong untuk selalu memakai masker dalam kegiatan yang melibatkan orang banyak di dalam ruangan; melakukan tes jika mengalami gejala; dan tetap tinggal di rumah jika Anda sakit,” tulis pernyataan tersebut.

Namun, kedatangan varian yang sangat mudah bermutasi ini datang pada waktu yang sangat genting di California. Para pejabat telah lama menyatakan bahwa musim liburan akhir tahun dan cuaca dingin di musim salju akan semakin mendorong orang untuk berkumpul di lingkungan dalam ruangan yang ramai. Situasi ini akan membuat risiko penularan virus corona sangat tinggi.

Baca Juga: Pakar Kesehatan Minta Pemerintah Belajar dari Lonjakan Kasus Singapura untuk Antisipasi Omicron

Hingga saat ini masih banyak yang belum diketahui tentang varian omicron. Jawaban atas pertanyaan yang paling mendesak adalah apakah varian ini menyebar lebih mudah, dapat menyebabkan penyakit parah, atau apakah varian ini kebal vaksin. Pertanyaan-pertanyaan ini kemungkinan akan diketahui dalam beberapa minggu mendatang.

“Kami belum tahu banyak tentang varian omicron. Tetapi kita tahu bahwa vaksinasi adalah cara yang aman dan efektif untuk melindungi diri Anda dari penyakit parah dan komplikasi dari semua varian SARS-CoV-2 yang sudah diketahui hingga saat ini,” kata Dr. Rochelle Walensky, direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, selama briefing pada Selasa (30/11/2021).



Sumber : The Associated Press, Los Angeles Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x