Kompas TV regional peristiwa

Ada 6 Kasus Pengibaran Bendera Bintang Kejora 1 Desember 2021, Ini Daftar 6 Lokasi Pengibarannya

Kompas.tv - 2 Desember 2021, 02:19 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Polda Papua mencatat ada 6 kasus pengibaran bendera Bintang Kejora sepanjang 1 Desember 2021 ini.

Dari catatan Polda Papua di tanggal 1 Desember ini, pengibaran bendera Bintang Kejora dilakukan di 6 kabupaten di Papua.

Di antaranya Kabupaten Mamberamo Tengah, Kabupaten Puncak, Kabupaten Pegunungan Bintang, Intan Jaya, Paniai, dan Kota Jayapura.

Dari 6 lokasi pengibaran bendera Bintang Kejora, polisi menangkap 8 orang beserta barang bukti berupa bendera dan pamflet bertuliskan Free West Papua.

Setiap tanggal 1 Desember kelompok Papua Merdeka atau OPM kerap menaikkan bendera Bintang Kejora sebagai tanda hari jadi mereka.

Tahun ini, insiden penaikan Bintang Kejora terjadi di 6 lokasi, salah satunya di Halaman Gedung Olahraga Cenderawasih tak jauh dari Mapolda Papua.

Pelaku kini telah ditangkap dan menjalani pemeriksaan.

Baca Juga: Ini Isi Pertemuan Antara Wapres dengan KSAD Soal Pendekatan Keamanan di Papua

Konflik di tanah Papua yang belum juga usai membuat Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa berkomitmen untuk melakukan pendekatan berbeda.

Nantinya seluruh satgas di Papua, termasuk Kodim dan Koramil akan menitikberatkan pembinaan teritorial dan pendekatan komunikasi sosial.

Panglima menambahkan, konsep gelar satuan normal dapat dilakukan di tanah Papua sehingga tak ada lagi korban yang berjatuhan.

Perubahan pendekatan dalam menghadapi kelompok bersenjata di Papua juga mulai diterapkan pemerintah Kabupaten Puncak Jaya.

Rabu (1/12/2021) ini, Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda menyerahkan  rumah layak huni dan sepeda motor kepada mantan anggota Tentara Pertahanan Nasional  Organisasi Papua Merdeka atau TPN OPM, Telangga Gire.

Sejak 2019 lalu Telangga mengikrarkan diri untuk kembali bergabung dengan NKRI.

Hal ini menjadi bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya dalam menciptakan situasi aman serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Besok HUT OPM, Polri Siaga Jaga Keamanan di Papua



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x