Kompas TV nasional peristiwa

Siap-siap Ganjil Genap di Tol Berlaku Mulai 20 Desember, Berikut Ruas Jalan yang akan Diterapkan

Kompas.tv - 1 Desember 2021, 22:57 WIB
siap-siap-ganjil-genap-di-tol-berlaku-mulai-20-desember-berikut-ruas-jalan-yang-akan-diterapkan
Kebijakan Ganjil Genap kembali dilakukan Satuan Tugas Covid-19 Kota Bogor. Penyekatan dilakukan di 5 titik checkpoint, selain di Simpang Baranangsiang, adapun Simpang Empang, Simpang Air Mancur, Simpang Jembatan Merah dan jalan Pajajaran yang menjadi pos pemeriksaan. Penyekatan dilakukan selama akhir pekan yaitu hari sabtu dan minggu. Selama penyekatan lebih dari 3000 kendaraan diputar balik. Bogor, 20/06/2021. (Sumber: Yohan Bagja / Kompas TV)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal menerapkan kebijakan ganjil genap untuk kendaraan pribadi di sejumlah ruas jalan tol.

Kebijakan ganjil genap tersebut rencananya akan berlaku mulai tanggal 20 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022.

Baca Juga: Dishub DKI Pastikan Belum Akan Berlakukan Ganjil Genap di 25 Ruas Jalan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan kebijakan itu diterapkan sebagai salah satu langkah untuk membatasi kegiatan masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi pada periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Budi Karya mengklaim kebijakan ganjil-genap yang akan diterapkannya bakal menurunkan pergerakan kendaraan pribadi sampai 30 persen.

"Biasanya kalau diterapkan ganjil genap, pergerakan bisa turun sampai 30 persen," kata Budi Karya dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Rabu (1/12/2021).

Baca Juga: Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Polda Lampung Terapkan Ganjil Genap Guna Antisipasi Keramaian

Budi selanjutnya mengungkapkan sejumlah ruas jalan tol yang akan diterapkan sistem ganjil genap selama periode Nataru tersebut.

Itu antara lain ruas jalan tol Tangerang-Merak, Bogor-Ciawi-Cigombong, Cikampek-Palimanan-Kanci, dan Cikampek-Padalarang-Cileunyi.

Selain jalan tol, Budi Karya menyebut, sistem ganjil-genap juga akan diterapkan di wilayah aglomerasi, Ibukota Provinsi, area tempat wisata, dan wilayah-wilayah yang berpotensi terjadinya peningkatan pergerakan masyarakat.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x