Kompas TV internasional kompas dunia

Tiru Raja Syah Jehan, Pria di India Buat Replika Taj Mahal demi Istri

Kompas.tv - 1 Desember 2021, 21:37 WIB
tiru-raja-syah-jehan-pria-di-india-buat-replika-taj-mahal-demi-istri
Replika Taj Mahal yang dibangun Anand Prakash Chouksey sebagai tempat tinggal istrinya di Burhanpur, Madhya Pradesh, India. (Sumber: Anand Prakash Chouksey via Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Iman Firdaus

NEW DELHI, KOMPAS.TV - Anand Prakash Chouksey, seorang pria di India membuat replika bangunan bersejarah Taj Mahal demi istrinya. Bangunan itu didirikan di kota Burhanpur, Madhya Pradesh, India.

Akan tetapi, tak seperti Taj Mahal yang berfungsi sebagai mausoleum, replika ini dijadikan rumah. Replika ini berukuran sepertiga bangunan asli Taj Mahal.

Taj Mahal versi Chouksey dibangun dengan marmer putih dari Makrana, Rajasthan. Marmer putih yang dipakai membangun Taj Mahal asli juga berasal dari daerah yang sama.

Taj Mahal sendiri didirikan pada abad 17 oleh Raja Mughal, Syah Jehan di Agra, India. Mausoleum megah ini didirikan Syah Jehan demi istri tercintanya, Mumtaz.

Baca Juga: Tak Perlu ke India, di Riau Ada Masjid Nan Indah yang Mirip Taj Mahal

Mumtaz sendiri meninggal di Burhanpur, tempat tinggal Chouksey membangun rumah a la Taj Mahal untuk istrinya. Ia sempat dikebumikan sebelum dimakamkan di mausoleum.

“Say bercanda kepada istri saya bahwa, jika dia meninggal, saya akan bangunkan Taj Mahal,” kata Chouksey dikutip Associated Press.

“Dia tentu saja menolak dan bilang tidak mau meninggal. Lalu saya berkata, tidak masalah, saya akan membuat Taj Mahahl untukmu tinggal,” imbuh pria berusia 52 tahun itu.

Chouksey sendiri menyewa artisan dari Agra untuk merampungkan replika Taj Mahal. Bangunan ini memerlukan waktu pengerjaan tiga tahun.

Sementara itu, Taj Mahal asli yang dibuat Syah Jehan dibuat sejak 1632 hingga 1654. Kompleks bangunan ini memuat makam Syah Jehan dan istri serta sejumlah bangsawan Mughal lain, juga sebuah masjid.

Pada era modern, Taj Mahal menjadi salah satu daya tarik wisata terbesar di India, dikunjungi jutaan turis setiap tahunnya.

Tidak diketahui, apakah Taj Mahal buatan Chouksey juga banyak dikunjungi pelancong.  

Baca Juga: Berkunjung ke Masjid dengan Gaya Taj Mahal di Jakarta


 



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.