Kompas TV video sinau

Mengenal Arti dan Asal-usul Lambang Pita Merah, Hari AIDS Sedunia

Kompas.tv - 1 Desember 2021, 19:05 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Setiap 1 Desember diperingati sebagai hari AIDS sedunia. Hari AIDS biasanya dilambangkan dengan pita berwarna merah. Apa arti pita merah di  hari AIDS sedunia? Menyadur Kompas.tv pita merah juga disebut sebagai pita kesadaran, sebagai simbol solidaritas untuk para pengidap HIV/AIDS.

Asal-usul Simbol Pita Merah

Melansir kompas.tv penggunaan pita merah sebagai simbol hari AIDS sedunia, dimulai tahun 1988. Sebuah kelompok bernama visual AIDS, yang didirikan oleh para profesional seni, sebagai respon  imbas  AIDS pada komunitas seni. Tahun 1991 anggota visual AIDS merancang simbol, untuk solidaritas merawat penderita HIV. Maka lahirlah pita merah, terinspirasi dari pita kuning tentara Amerika Serikat yang bertugas di perang Teluk.

Warna merah dipilih karena berkaitan dengan darah, passion/gairah, bukan hanya kemarahan tapi juga cinta. Pita merah ini semakin populer  saat relawan proyek pita merah, mengirim surat dan pita merah, kepada semua peserta yang datang di Tony Awards di Amerika Serikat pada tahun 1991.

Aktor pertama yang tampil di televisi nasional dengan pita merah yang disematkan  di kerahnya, adalah Jeremy Irons. Tahun 1992, simbol pita merah masuk ke eropa, kala itu lebih dari 100.000 pita merah diberikan di stadion Wembley saat konser penghormatan kesadaran AIDS Freddie Mercury. Lebih dari satu miliar orang di lebih dari 70 negara di seluruh dunia menonton acara tersebut di televisi.

Sampai sekarang pita merah, menjadi simbol dukungan internasional untuk orang yang hidup dengan HIV.

Baca Juga: Hari AIDS Sedunia 2021: Ini 5 Fakta dan Mitos Seputar HIV/AIDS

https://www.kompas.tv/article/237482/hari-aids-sedunia-2021-ini-5-fakta-dan-mitos-seputar-hiv-aids 

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x