Kompas TV regional berita daerah

ASN di Jember Peduli Lingkungan, Olah Sampah Plastik jadi Kerajinan

Kompas.tv - 1 Desember 2021, 18:43 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Seorang aparatur sipil negara di Pemkab Jember Jawa Timur pandai memanfaatkan sampah organik dan non organik menjadi barang bermanfaat dan bernilai ekonomis.

Adalah Nurul Hidayah Alias Cak Oyong, seorang ASN yang peduli lingkungan. Kepala seksi kelembagaan dan pelaku usaha di Dinas Perikanan Kabupaten Jember Jawa Timur itu merupakan aktivitas peduli lingkungan.

Ia memanfaatkan sampah organik dan non organik menjadi barang bermanfaat dan bernilai ekonomis. Salah satunya sampah plastik diubah menjadi sampul buku unik dan lucu.

Baca Juga: Peduli Lingkungan, Warga Manfaatkan Sampah Plastik Menjadi Lampu Hias

Pembuatannya dilakukan dengan cara memodifikasi beragam sampah plastik dengan berbagai teknik, mulai menempel hingga menjadi motif, lalu disetrika hingga menjadi lembaran bermotif dan dijadikan sampul buku unik dan lucu.

Hasil kreasinya dipesan sejumlah kelompok belajar dan warga dengan 50 ribu hingga 100 rupiah sesuai dengan motif dan ukuran buku.

Nurul Hidayah mengaku bahwa ide itu muncul karena kegelisahannya terhadap banyaknya sampah plastik, yang mengotori lingkungan, terutama pantai dan laut hingga menyebabkan penyu mati, karena memakannya.

Baca Juga: Memanfaatkan Sampah Plastik Menjadi Meja dan Kursi

Kreativitasnya menginsipirasi warga dan rekan kerjanya untuk ikut terlibat mengolah sampah plastik menjadi bahan bermanfaat.

Ide kreatif nurul hidayah menjadi solusi di tengah menumpuknya sampah plastik dan solusi untuk melestarikan lingkungan.

Berkat ide kreatifnya, ia terpilih menjadi satu dari 10 nominator anugerah ASN inspiratif 2021 yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi.

 

#ASN #PeduliLingkungan #PNSInspiratif



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x