Kompas TV nasional kompas petang

Pola Pendekatan Baru Tangani Konflik di Papua, Panglima TNI: Titik Berat Pada Pembinaan Teritorial

Kompas.tv - 1 Desember 2021, 18:04 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV - Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa dalam kunjungannya ke Kodam XVII Cenderawasih di Jayapura, Papua menyampaikan sejumlah pendekatan dalam penanganan keamanan di Papua.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyebut pola pendekatan baru dalam menangani konflik di Papua yaitu dengan penanganan secara teritorial dan komunikasi sosial, di mana pola ini sama dengan pola pendekatan TNI di wilayah Indonesia lainnya.

Baca Juga: Buntut Bentrok Kopassus dan Brimob, Panglima TNI Akan Proses Hukum Oknum yang Terlibat

Dengan pola pendekatan baru ini, Kodim dan Koramil akan menjalani tugas dengan titik berat pembinaan teritorial dan komunikasi sosial, sama seperti juga di daerah lain.

“Untuk yang angkatan darat mereka menjadi Kodim, Kodim dengan jajaran dibawahnya yaitu Koramil. Tugas pokoknya melakukan tugas pokok dan fungsi Kodim dan Koramil dengan titik berat pembinaan teritorial dan komunikasi sosial. Untuk unsur-unsur satgas dari angkatan udara mereka menjadi bagian dari Pangkalan Udara atau Lanud,” ucap Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa.

Jenderal Andika menilai pola ini  bisa menghindari korban jiwa, baik dari aparat TNI-Polri, masyarakat, maupun pihak KKB dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

Baca Juga: Panglima TNI Meninjau Venue KTT G20



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x